Seni dan Budaya

Seni Barong Karyo Mudho Meriahkan Weekend Pasar Krempyeng Gayeng Kecamatan Kunduran


Kelompok Seni Barong Karyo Mudho pimpinan Karmidin asal Dukuh Guplo Desa Sempu Kecamatan Kunduran meriahkan weekend bagi warga masyarakat di wilayah kecamatan setempat, Sabtu (23/4/2022) malam.

Pertunjukan seni kebanggaan rakyat Blora yang ditampilkan di halaman kantor Camat Kunduran itu memikat penonton terutama anak-anak dan remaja.

Tarian kuda lumping yang menawan, kepiawaian penari bujang ganong yang energik serta olah krida Singo Barong diiringi gamelan bernuansa khas, menjadi pemantik dan obat kerinduan warga dan kelompok seni barong setelah terjeda akibat pandemi COVID-19.

Pertunjukan itu tidak semata-mata hiburan, tetapi juga syarat akan pesan yang disampaikan kepada warga masyarakat, seperti pesan Kamtibmas, vaksinasi COVID-19 dan imbauan protokol kesehatan menyambut Lebaran 2022.

Hal yang mendasar, pertunjukan seni barong itu diinisiasi dan didukung sepenuhnya oleh Camat Kunduran Agus Listiyono, S.Sos., M.Si., dan Forkopimcam setempat.

Camat yang akrab disapa Mas Agus Lis mengatakan, sejatinya pertunjukan seni barong itu untuk memeriahkan pasar Krempyeng Gayeng selama Ramadan 1443 Hijriah.

"Jadi setiap malam Minggu menyelenggarakan pentas seni barongan, ini kedua kalinya di bulan Ramadan," ucap Camat Kunduran.

Pihaknya beharap kedepannya bisa menjadi rintisan destinasi wisata di Blora Barat, yang digelar di depan kantor kecamatan Kunduran setiap akhir pekan.

“Tidak hanya seni barongan, tetapi juga seni lainnya, seperti hadroh, karawitan, musik dan lainnya. Ini rencananya digilir perwakilan tiap desa. Tentu saja ditekankan tetap patuh protokol kesehatan. Setiap akhir pekan kita pentaskan hiburan di depan kantor kecamatan, semoga kedepannya bisa menjadi destinasi wisata di Blora barat dan juga meningkatkan ekonomi kreatif warga Kunduran dan sekitarnya,” terangnya.

Camat Kunduran mengajak agar masyarakat tetap menjaga ketertiban dan kondusifitas wilayah dalam merayakan Lebaran 2022. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...