Seputar Blora

Peringati Hari Kartini 2022, DWP Kabupaten Blora Wujudkan Perempuan yang Berdaya dan Berhati Mulia


Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Blora, Jawa Tengah memperingati Hari Kartini ke-143 tahun 2022 dengan sederhana dan khidmat di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Kamis (21/4/2022).

Acara dihelat dengan mengusung tema, “Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Perempuan yang Berdaya dan Berhati Mulia Demi Tercapainya Keluarga Indonesia yang Bahagia”

Ketua DWP Kabupaten Blora Ratnasari Irawadi, dalam sambutannya mengatakan bahwa, Kamis (21/4/2022) merupakan hari yang sangat membahagiakan bagi kita semua khususnya Kaum Wanita.

“Karena dalam kondisi pnademi COVID-19, ibu-ibu masih tetap semangat untuk mengikuti rangkaian kegiatan Hari Kartini. Ini membuktikan bahwa wanita tidak bisa dipandang sebelah mata, kini wanita mampu menunjukkan jati dirinya bisa sejajar dengan kaum pria,” ungkapnya.

Tidak ada yang membatasi ruang gerak dan kreativitas wanita untukn selalu berkarya baik bagi keluarga, organisasi maupun kota Blora tercinta.

“Tepat tanggal 21 April 2022 kita memperingati Hari Kartini. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Kartini adalah sosok pejuang emansipasi wanita,” kata Ketua DWP Kabupaten Blora Ratnasari Irawadi.

Dikatakannya, pada zaman dahulu wanita dianggap kaum lemah, memiliki derajat yang rendah dibanding laki-laki, selalu tertindas dan sering kali tidak pernah mendapatkan hak-haknya.

“Melihat kenyataan itu, RA Kartini merasa iba, hatinya tergugah untuk melakukan sesuatu dan menyelematkan kaumnya dari ketidakadilan,” tuturnya.

Cita-citanya sungguh mulia untuk kemajuan wanita Indonesia. Sehingga buah pemikiran Kartini sebagai roda penggerak semangat kaum wanita untuk mempefrjuangkan hak-haknya menjadi lebih adil dann setara dengan kaum pria.

“Dengan meneladani sikap dan perilaku Ibu Kartini, semoga bisa menciptakan Kartini-Kartini baru yang mandiri, tangguh dan profesiaonal dalam menghadapi setiap tantangan di era globalisasi, namun sebagi wanita tetap tidak meninggalkan kodratnya sebagai wanita,” jelasnya.

Ratnasari Irawadi menambahkan, kegiatan bazar UMKM DWP merupakan bukti bahwa wanita kini telah berdaya di bidang ekonomi, mampu menghasilkan karya/kreasi dan inovasi yang menghasilkan nilai jual sehingga menunjukkan kemandiriannya untuk membantu mencukupi kebutuhan keluarganya.

“Kegiatan bakti sosial menunjukkan bahwa wanita berhati mulia untuk berbagi dan berempati pada sesama khususnya bagi orang-orang yang membutuhkan,” terangnya.

Peringatan Hari Kartini 2022 diawali dengan laporan penyelenggaraan oleh Eka Witarsih berkaitan dengan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan DWP Kabupaten Blora dalam hal tersebut.

Kemudian, di akhir acara diumumkan oleh juri sejumlah nominator kegiatan spontanitas keluwesan dan keserasian berbusana. Peraih nominator pun diminta memperagakan tampilannya sambil diiringi musik. (Tim Dinkominfo Blora).



    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...