Seputar Blora

DPK Blora Tampilkan Hiburan dan Edukasi Masyarakat Melalui Gebyar Pameran UKM Bulan Ramadan


Dinas Pepustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora ikut berbagi takjil buka puasa dan menggelar acara hiburan dalam rangka menyemarakkan Gebyar Pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) bulan Ramadan 1443 Hijriah di Alun-Alun Blora, Rabu (20/4/2022) sore.

Acara diselenggarakan cukup meriah dan memikat warga masyarakat yang ngabuburit di Alun-alun Blora. Hal itu karena pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) DPK Blora pria tampil mengenakan pakaian ala sufi, sedangkan yang perempuan tampil anggun mengenakan busana muslim.

Mereka saling berjoget dan menyanyikan beberapa buah lagu dengan iringan gamelan Jawa bernuansa ritmis seni barongan. Tidak hanya itu, sejumlah badut juga dihadirkan untuk memikat warga masyarakat.

“Jadi ini dalam rangka menyemarakkan Gebyar Pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) bulan Ramadan 1443 Hijriah. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora memberi hiburan kepada masyarakat,” ucap Kepala DPK Blora Achmad Nur Hidayat, SH., M.Si., MM.

Namun, sejatinya, dari acara itu, menyampaikan edukasi, literasi dan penyemangat kepada warga masyarakat untuk gemar membaca. Sebab, pihaknya menyadari penuh bahwa membaca adalah kunci dari kesuksesan kita.

“Kita harus merubah paradigma masyarakat tentang perpustakaan yang selama ini adalah hal yang ekslusif, kita harus merubah paradigma tersebut agar perpustakaan dapat dikenal luas oleh masyarakat,” tambahnya.

Menurutnya, rendahnya minat membaca masyarakat akan membuat masyarakat tidak bisa mengetahui dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi di dunia. Hal ini akan berdampak pada ketertinggalan bangsa itu sendiri terutama dalam hal ilmu pengetahuan.

Dalam acara itu juga dibagikan brosur berkaitan dengan DPK Blora kepada warga.

Melalui acara itu juga, pihaknya mengemban misi untuk merubah pola pikir yang semula menganggap remeh arsip dengan tidak mengindahkan regulasi dalam pengelolaan arsip, menjadi menganggap arsip sebagai aset sehingga mengelola arsip sesuai regulasi, selanjutnya semula mengelola arsip secara manual berubah mengelola arsip dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Dampak dari arsip yang terekam dan tertata dengan baik sesuai regulasi akan berdampak pada peningkatan kinerja dan pelayanan publik karena pencarian arsip menjadi lebih mudah dan cepat,” jelasnya.

Berkesempatan hadir  di acara itu, Ketua TP PKK Blora, Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI. Pihaknya mengapresiasi acara yang ditampilkan DPK Blora. Bahkan Hj. Ainia Sholichah ikut berbagi nasi kardus dan takjil buka puasa kepada warga yang melitas di lokasi setempat.

Menjelang buka puasa, acara dipungkasi, kemudian dilanjutkan dengan berbuka puasa bersama secara lesehan. Suasana pun menjadi semakin akrab dan terjalin kekeluargaan yang harmonis di lingkup DPK Blora. (Tim Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...