Seputar Blora

Sambut Idulfitri 1443 Hijriah, Pemerintah Kecamatan Kunduran Gelar Pasar Murah


Pemerintah Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora menggelar Pasar Murah di halaman kantor Camat setempat, Rabu (20/4/2022).

Camat Kunduran Agus Listiyono, S.Sos., M.Si., menjelaskan Pasar Murah dengan tema "Sesarengan Bantu Sesama" dihelat dalam rangka menyambut Idulfitri 1443 Hijriah/2022 Masehi dengan tujuan untuk meringankan beban sebagian masyarakat yang akan merayakan lebaran.

"Semoga pasar murah ini bisa membantu warga yang membutuhkan menjelang lebaran,” kata Camat Kunduran.

Menurutnya, pasar murah kali ini mendapat respon bagus dari warga setempat. Hal itu dibuktikan setelah dibuka, hanya selang satu jam aneka produk dan bahan makanan yang dijual langsung diserbu dan habis.

“Warga masyarakat antusias. Satu jam sudah habis, Alhamdulillah, semoga berkah,” ucapnya.

Camat yang akrab disapa Mas Agus Lis, menjelaskan, terselenggaranya Pasar Murah kali ini berkat dukungan dari organisasi wanita di Kecamatan Kunduran seperti PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persit dan Bhayangkari.

“Organisasi wanita kita gandeng dan diberi subsidi untuk berjualan,” kata Camat.

Selain itu, digandengnya organisasi wanita dalam moment itu, juga untuk menyambut peringatan Hari Kartini 2022, khususnya dalam hal peran wanita dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

Camat Kunduran menambahkan, kegiatan lainnya yang dilakukan untuk mendorong pemulihan ekonomi pada bulan Ramadan 1443 Hijirah di wilayah setempat yakni membuka Pasar Krempyeng Gayeng.

“Tujuannya memudahkan warga memperoleh kebutuhan jelang buka puasa, dan mendorong pemulihan ekonomi khususnya bagi para pelaku UMKM, semoga berkah. Ayo dilarisi,” ungkapnya.

Sementara itu, kata Camat Kunduran, untuk mendorong rintisan destinasi wisata di Blora Barat, maka melalui kesenian tradisional, telah digelar pentas hiburan seni barongan di depan kantor kecamatan setiap akhir pekan.

“Tidak hanya seni barongan, tetapi juga seni lainnya, seperti hadroh, karawitan, musik dan lainnya. Ini rencananya digilir perwakilan tiap desa. Tentu saja ditekankan tetap patuh protokol kesehatan. Setiap akhir pekan kita pentaskan hiburan di depan kantor, semoga bisa menjadi destinasi wisata di Blora barat dan juga meningkatkan ekonomi kreatif warga Kunduran dan sekitarnya,” terangnya.

Sumiyati, salah seorang warga Desa Buloh mengaku rela menempuh perjalanan untuk bisa mendapatkan kebutuhan yang diinginkan melalui pasar murah.

Hanya saja, karena keterbatasan jumlah barang yang dijual, maka hanya bisa mendapatkan bebersapa saja.

"Saya inginnya dapat minyak, telor, mie instan, dan gula tapi gak dapat semuanya karena habis. Tetapi saya sangat senang dan berterimakasih kepada pak camat". kata dia. 

Masyarakat berharap agar acara ini dapat diselenggarakan tiap tahun menjelang lebaran dan stok barang kebutuhan rumah tangga diperbanyak lagi. (Tim Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...

    Hasil Seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha
    14 Mei 2024 Jam 17:16:00

    PENGUMUMAN Hasil Seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira...