Cetak Talenta/SDM Level Teknisi dalam Bidang Teknologi Digital Melalui VSGA Program DTS 2022


Blora - Kementerian Kominfo sebagai leading sector di bidang TIK mempunyai Program Pengembangan SDM unggulan yaitu Digital Talent Scholarship (DTS). Program ini sudah dimulai sejak tahun 2018 dan bertujuan untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi guna meningkatkan kompetensi masyarakat Indonesia dibidang TIK. Juga untuk mencetak talenta-talenta digital melalui berbagai pelatihan dan latar belakang Pendidikan.

Hal itu disampaikan Koordinator Sub Bagian SDM Fransiska Rosilawati, mewakili Kepala Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian Komunikasi dan Informatika (BPSDMP Kominfo) Yogyakarta, Christiany Judhita, S.Sos., MA dalam laporan penyelenggaraan Vocational School Graduate Academy (VSGA) program DTS 2022 di Kyriad Hotel Arra Cepu, Senin (11/4/2022).

Dilaporkannya Program DTS tahun 2022 mencakup 8 (delapan) akademi yakni Fresh Graduate Academy (FGA), Vocational School Graduate Academy (VSGA), Thematic Academy (TA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Digital Leadership Academy (DLA), Professional Academy (ProA), Government Transformation Academy (GTA), dan Talent Scouting Academy (TSA).

“Program Vocational School Graduate Academy (VSGA) merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional bertujuan untuk mencetak talenta/SDM level teknisi dalam bidang teknologi digital,” jelasnya.

Pelatihan dan sertifikasi kompetensi bidang TIK berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bagi yang lulus akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pihaknya melaporkan, peserta SKKNI di Kabupaten Blora Ada 3 skema pelatihan yaitu Junior Graphic Designer dengan jumlah pendaftar 30 yang diterima 28 peserta.

Kemudian, Junior Network Admistrator jumlah pendaftar 25 peserta yang diterima 24 peserta. Data Management Staff Jumlah pendaftar 80 peserta yang 28 diterima 28 peserta.

“Jadi total peserta yang yang mendaftar di tiga skema 135 peserta yang diterima 80 peserta. 80 orang yang telah lolos seleksi ini akan menjalani pelatihan selama 3 hari, dan uji kompetensi selama 2 hari. Ujian sertifikasi dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika,” terangnya.
Disampaikannya, dasar hukum penyelenggaraan kegiatan ini adalah Permen. Kominfo No.19/2017 Ttg. Organisasi dan Tata Kerja UPT Bidang Pengembangan SDM dan Penelitian (yang memuat Tupoksi dan Wilker).

Kemudian, Surat Edaran Menteri Kesehatan No. HK.02.01/Menkes/216/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) di tempat kerja.

“Maka dalam menyelenggarakan kegiatan ini, panitia tetap mengedepankan protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku, yaitu melakukan tes swab antigen bagi para peserta, panitia dan pengajar, yang sudah dinyatakan dengan hasil negatif serta sudah menjalani vaksin minimal 1 kali,” ucapnya

Kepada seluruh peserta yang akan mengikuti kegiatan VSGA ini, pihaknya berharap semuanya berhasil lulus, sehingga ilmu yang diperoleh dan bukti sertifikat kelulusan dapat dimanfaatkan dan menjadi nilai tambah dalam bekerja, terutama dalam bidang teknologi informatika.

Adapun sejumlah pengajar dalam pelatihan itu adalah Ari Sriyanto Nugroho, S.T, M.T. (Polines), Sarono Widodo,ST.,M.Kom (Polines), Angga Wahyu Wibowo, S.Kom, M. Eng (Polines), Kuwat Santoso, S. Kom, M. Kom. (Polines), Sukamto,S.Kom,.M.T. (Polines) dan Nurseno Bayu Aji,S.Kom,M.Kom (Polines).

Sebagai informasi, BPSDMP Kominfo Yogjakarta adalah Unit Pelaksana Teknis dari Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo, dengan tupoksi yaitu melaksanakan Pengembangan SDM bidang TIK. Wilayah kerja kami cukup luas, mencakup 3 provinsi, yaitu Provinsi DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Bali. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...

    Tunjangan Hari Raya 2024 Pegawai ASN Pemkab Blora Capai Rp46,3 Miliar
    28 Maret 2024 Jam 09:42:00

    Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora, Slamet Pamudji...