Seputar Blora

Puncak Acara HKG PKK ke-50 dan BGRM Tingkat Kabupaten Blora 2022 Sukses Digelar


Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Blora menggelar puncak acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BGRM) tingkat Kabupaten Blora tahun 2022 di Alun-Alun Blora, Jumat (1/4/2022).

Dengan mengusung tema “50 Tahun Gerakan PKK, Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama” acara dibuka secara resmi oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si., dengan memukul kentongan dan pelepasan burung merpati oleh Ketua dan Pengurus TP PKK Kabupaten Blora.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI, menjelaskan kegiatan yang dihelat di Alun-Alun Blora yaitu Bazar Produk Daur Ulang Sampah, Pelayanan KB, Pemeriksaan Kesehatan, Pojok Bermain dan Bakti Sosial serta aneka kegiatan lainnya yang telah dan sedang diagendakan setelah Lebaran 2022.

Pada kesempatan itu, Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI membacakan sambutan Ketua Umum PKK Pusat, Tri Tito Karnavian.

Sebagaimana dibacakan Hj. Ainia Sholichah, SH, M.Pd.AUD, M.Pd.BI., Tri Tito Karnavian menerangkan bahwa HKG ke-50 PKK kali ini menjadi sangat istimewa karena merupakan peringatan Tahun Emas gerakan PKK di Indonesia.

Momentum peringatan HKG-PKK juga harus mampu kita daya gunakan sebagai media untuk mawas diri secara kelembagaan dan melakukan evaluasi dalam program. Gerakan PKK harus bergerak secara dinamis mengikuti perkembangan zaman.

“Selain itu saya juga mendorong agar ada nuansa pembaharuan dalam gerakan PKK jangan monoton dan harus ada keselarasan gerak dengan kebijakan pemerintah,” ucapnya.

“Melalui peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK kali ini saya mengingatkan agar gerakan PKK kembali pada ruh-nya yakni sebagai gerakan masyarakat untuk memberdayakan keluarga. Artinya, keluargalah yang harus menjadi fokus perhatian kita, keluargalah yang harus kita berdayakan karena keluarga merupakan unit terkecil masyarakat. Sehingga apabila keluarga-keluarga di Indonesia ini dapat kita berdayakan sesuai dengan potensi dan kebutuhannya maka berarti gerakan PKK juga berpotensi memperdayakan masyarakat secara keseluruhan,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, tema HKG tahun 2022 ini harus melekat dalam hati sanubari sebagai keluarga besar gerakan PKK dan menjadi tekad bersama untuk mendedikasikan diri ikut serta memajukan negara dan bangsa Indonesia.

Menurut Tri Tito Karnavian, 50 tahun perjalanan gerakan PKK tentu banyak hal yang telah dilakukan dan dinamika perjalanan gerakan PKK selama ini bisa menjadi bahan pembelajaran bahwa upaya memberdayakan keluarga dan masyarakat itu perlu dilakukan dengan pendekatan Cipta, Rasa dan Karsa, yakni dengan hati dan niat yang tulus.

“Sesuai dengan kesepakatan hasil Rakernas, saya berharap agar langkah penyesuaian manajemen kelembagaan tim penggerak PKK dapat dilakukan di semua jenjang. Hal ini menjadi penting karena pada hakikatnya program-program mereka dapat terlaksana secara baik dan tepat sasaran ketika dikelola oleh sistem manajemen kelembagaan yang baik,” lanjutnya.

Dua hal pokok sehubungan dengan tema HKG 2022 “Berbakti untuk Bangsa, Berbagi untuk Sesama” Pertama, jiwa kerelawanan gerakan PKK menjadi dasar bagi bakti PKK untuk Bangsa.

Kedua, berbagi untuk sesama dan saling membantu merupakan inti program gerakan PKK.

Bupati Blora, H, Arief Rohman, S.IP., M.Si dalam sambutannya menyampaikan atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Blora mengucapkan selamat memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 kepada selurh kader PKK di Kabupaten Blora.

Menurut Bupati tema HKG PKK ke-50 tahun ini sangat luar biasa, sehingga pihaknya memberikan apresisasi kepada PKK tingkat kabupaten sampai dengan tingkat desa, panitia serta semua pihak yang telah berupaya untuk mendukung kegiatan ini sehingga terselenggara dengan sukses.

“Please don't take in forgented, pesan itu tolong terus digaungkan, jangan menganggap remeh PKK. PKK adalah salah satu mesin sosial yang paling efektif di Indonesia. Karena hanya PKK yang bisa menjangkau hingga ke satuan terkecil dalam kehidupan berbangsa bernegara,” ucap Bupati Blora.

Dari tingkat pusat hingga tingkat keluarga, sehingga ini merupakan kehebatan sekaligus kebanggaan yang sudah seharusnya kita berdayakan, kita optimalkan fungsinya, khususnya sebagai mitra pemerintah dalam upaya membangun masyarakat secara sesarengan (bersama) melalui 10 program pokok PKK.

Buat rencana aksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat, tentunya hal-hal yang menjadi visi misi pemerintah kabupaten Blora, bisa didukung oleh PKK. Seperti, peningkatan index pembangunan manusia (IPM) dengan berbagai indikatornya.

“Tetunya PKK dengan organisasi wanita yang lain, dari Ibu Bhayangkari, dari Persit, baik Kodim, Alugoro, Kejaksaan dan juga organisasi wanita yang lain, kami harapkan bisa mengambil peran dengan berbagai program yang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Blora. Terkait penurunan angka kemiskinan, stunting, AKI, AKB dan lain sebagainya,” jelasnya.

Bupati juga menyampaikan gerakan menanam digalakkan termasuk peran aktif PKK dan organisasi wanita lainnya supaya lebih ditingkatkan.

“Jadi di halaman rumah, di kantor-kantor dan sebagainya kita tanam buah-buahan dan pohon yang tentunya bisa memberikan manfaat dan memberikan keindahan, seperti bunga bugenvil sudah bagus. Tolong untuk terus digerakkan,” tegasnya.

Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief menyebut, bahwa pandemi Covid-19 diauki sudah mengalami penurunan tetapi kita semua harus tetap waspada.

“Ini kita minta tolong disukseskan untuk vaksin yang Booster. Ini baru 5,9 %. Ini targetnya harus naik,” tegasnya.

Memasuki bulan Ramadan 2022, Bupati Blora mengatakan, harus menyiapkan diri, semoga membawa keberkahan bagi kita.

“Kita dukung juga sektor UKM kita. Ini Dekranasda juga akan mengadakan pameran. Sambil ngabuburit, tolong dilarisi, biar hidup kembali ekonomi kita. Di sepanjang Alun-alun, pasti banyak yang berdagang. Tentunya kita atur tetap menerapkan protokol kesehatan, agar nantinya membawa efek ekonomi untuk kabupaten,” ucapnya.

Berkaitan daur ulang sampah dan limbah, kata Bupati Blora, ini adalah ide yang sangat kreatif, luar biasa yang tentunya didukung oleh PKK.

“Potensi ini tentunya kedepan terus bisa dioptimalkan, bagaimana mengubah sampah, yang dulunya masalah, kini menjadi produktif dan berkah. Bank sampah untuk terus digerakkan,” ujarnya.

Forkopimda Blora, Wakil Bupati, Pimpinan OPD dan ratusan pengurus serta kader PKK se Blora hadir memeriahkan acara tersebut dengan menerapkan protokol kesehatan. Organisasi kepemudaan dan pelajar juga diundang hadir.

Selain itu juga diundang hadir kelompok disabilitas dan lansia untuk menerima bantuan seperti sembako dan kursi roda.

Sementara itu dalam acara juga dilakukan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Blora kemudian diserahkan kepada perwakilan Forum Genre serta sejumlah pelajar juga mendapatkan kue.

Acara dimeriahkan dengan tarian kreasi dari LKP Merpati dan kelompok musik Pembatas.

Di kesempatan itu Bupati Blora dan Ketua TP PKK Kabupaten didampingi Wakil Bupati Blora, Sekda Blora dan Forkopimda Blora berkenan membuka tirai bazar kreasi daur ulang sampah dan limbah, dilanjutkan mengunjungi sejumlah stand dari kecamatan yang tampil di acara tersebut. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...