Seputar Blora

Penanganan Longsoran Sungai Giyanti Kec. Sambong Dianggarkan Rp2,3 Miliar


Gerusan arus sungai Giyanti menyebabkan badan jalan yang merupakan bagian dari ruas jalan Ngroto-Giyanti di Desa Giyanti Kecamatan Sambong Kabupaten Blora menjadi terancam longsor.

Guna mengantisipasi longsoran, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) telah mengalokasikan anggaran sebesar kurang lebih Rp3,1 miliar untuk pembangunan tanggul dalam penanganan longsoran di beberapa lokasi prioritas Kabupaten Blora, yaitu di Desa Giyanti Kecamatan Sambong dan Dusun Jasem Desa Jepangrejo Kecamatan Blora.

Dengan alokasi anggaran tersebut akan digunakan untuk menangani bencana tanah longsor yang berdampak terhadap potensi kerusakan infrastruktur jalan dan permukiman di wilayah kecamatan Sambong dan Kecamatan Blora.

Selain itu dalam rangka mendukung dan mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Blora "Sesarengan Mbangun Blora yang Unggul dan Berdaya Saing" melalui perwujudan misi yang ketiga yaitu mewujudkan infrastruktur yang baik dan tata lingkungan yang berkelanjutan.

Kepala DPUPR Kab.Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT., membenarkan dan menjelaskan bahwa di tahun 2022 ini mendapatkan alokasi anggaran kurang lebih Rp3,1 miliar yang berada di Bidang Sumber Daya Air (SDA) untuk kegiatan penanganan longsoran sungai Giyanti Kec. Sambong dan penanganan longsoran sungai Glagahan di Dusun Jasem Desa Jepangrejo Kec. Blora.

"Anggaran tersebut akan digunakan untuk membangun konstruksi talud dan tanggul untuk mengembalikan tanggul di kedua sungai tersebut yang rusak akibat gerusan air di kedua sungai tersebut," jelasnya, Rabu (16/3/2022).

Sehingga, nantinya bisa mencegah bencana tanah longsor di sekitar lokasi konstruksi tidak akan terulang lagi dan dapat mengembalikan tanggul sungai ke kondisi semula.

Sementara itu, Kabid SDA DPUPR Surat, ST., MT., menjelaskan bahwa penanganan longsoran akan difokuskan untuk menangani Longsoran Sungai Giyanti Kec Sambong dianggarkan kurang lebih Rp2,3 miliar dan penanganan longsoran sungai Glagahan dianggarkan kurang lebih Rp931 juta.

Menurut Surat, progres kegiatan saat ini masih dalam proses penyusunan DED.

"Kemarin sudah kami lakukan peninjauan lapangan bersama dengan pemerintah Desa Giyanti untuk kepastian lokasi titik longsoran sungai Giyanti," terangnya.

Dikatakan Surat, ada dua titik lokasi yang mengalami longsoran yang berdampak terhadap potensi kerusakan jalan utama desa dan berdampak terhadap lingkungan permukiman.

"Dari hasil kunjungan kami di lapangan, karena keterbatasan anggaran akan kami prioritaskan dulu di titik lokasi yang berdampak terhadap longsornya badan jalan utama ruas jalan Ngroto-Giyanti yang berada di desa Giyanti," ungkapnya.

Hal itu untuk memastikan jalan utama tersebut nanti tetap dapat berfungsi dengan baik untuk mendukung kelangsungan distribusi dan transportasi masyarakat desa Giyanti Kec. Sambong.

"Dari hasil kunjungan survei lapangan tersebut selanjutnya akan segera kami tindaklanjuti dengan melaksanakan perencanaan DED konstruksinya. Doakan saja nanti sekitar bulan Agustus kiranya sudah bisa dilaksanakan pekerjaan konstruksinya," kata Surat.

Sedangkan, untuk yang titik lokasi longsoran sungai Glagahan, berada di dusun Jasem Desa Jepangrejo Kec. Blora. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...