Seputar Blora

DWP Blora Gelar Puncak Peringatan HUT ke-22


Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Blora menyelenggarakan pucak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 di pendopo rumah dinas Bupati Blora, Jumat (24/12/2021).

Ketua DWP Blora, Ratnasari Irawadi, dalam sambutan dan laporannya menyampaikan tema HUT ke-22 DWP tahun 2021 adalah “Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia Melalui Kesehatan Mental dan Pemulihan Bisnis UMKM”.

Adapun maksud dan tujuannya adalah untuk memperkuat rasa kebersamaan dan bangga terhadap Organisasi Dharma Wanita Persatuan serta bentuk partisipasi dan kontribusi terhadap program pemerintah, di antaranya untuk meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha UMKM khususnya Ibu-ibu DWP dalam mempertahankan usaha di masa Pandemi Covid-19 serta meningkatkan kepercayaan diri dalam usaha menjaga kesehatan mental.

Ratnasari Irawadi menjelaskan, rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu Bazar dan Refiew Produk UMKM dari Unsur pelaksana DWP.

“Hal ini telah kita laksanakan jauh sebelumnya, yaitu di awal tahun 2021, dan ternyata diangkat pada tema HUT DWP ke 22 tahun ini,” jelasnya.

Selanjutnya, lomba memasak kudapan/camilan berbahan ikan yang dikuti oleh semua unsur pelaksana DWP se Kabupaten Blora dengan mengirimkan video tutorial dan hasil karya/ produk, dilaksanakan pada tanggal 23 November 2021.

Lomba administrasi buku-buku program kerja dan kegiatan DWP yang diikuti oleh unsur pelaksana DWP se Kabupaten Blora pada tanggal 23 November 2021.

Kemudian, bakti sosial penyerahan bantuan kepada anak yatim yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, tanggal 3 Desember 2021.

Senam bersama DWP yang diikuti Ketua unsur pelaksana DWP se Kabupaten Blora, Pengurus DWP Kab. Blora dan Anggota Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Blora bertempat di Alun-Alun Blora yang dilaksanakan 10 Desember 2021.

“Acara puncak peringatan HUT ke-22 DWP Kabupaten Blora tahun 2021, dilaksankan hari ini. Pada kesempatan ini juga kami berikan apresiasi kepada unsur pelaksana DWP dalam e-Reporting Tergiat dan Spontanitas Partisipasi Pemasangan Spanduk Dirgahayu ke-22 DWP tahun 2021 serta spontanitas berbusana seragam resmi DWP yang baik dan benar pada hari ini,” terangnya.

Berikutnya, dilakukan penggalangan dana peduli erupsi Semeru.

Selain itu, lanjut Ratnasari Irawadi, DWP Kabupaten Blora juga mengikuti kegiatan yang diadakan oleh DWP Provinsi Jawa Tengah dalam rangka HUT DWP ke 22.

Di antaranya, webinar “Menjaga Kesehatan Mental Paska Pandemi Covid-19” pada tanggal 10 Desember 2021. Lomba Senam DWP (Senam SAH/Stay At Home).

“Lomba Tik-Tok DWP dengan tema “Kewirausahaan/Kemandirian Ekonomi melalui bisnis UMKM dan mendapat Juara 3,” jelasnya.

Kemudian pada puncak acara HUT ke-22 DWP tahun 2021 DWP Provinsi Jawa Tengah secara luring di Semarang dan daring pada 17 Desember 2021.

“Pada kesempatan itu kami menerima hadian kejuaraan lomba Tik Tok,” ucapnya.

Ratnasari Irawadi mengungkapkan, hadiah kejuaraan lomba Tik-Tok ini juga dipersembahkan kepada alhmarhum Ibu Nurma Hadi Praseno yang telah meninggalkan kita dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Kuasa pada Kamis, 16 Desember 2021 yang juga telah ikut andil dalam proses dan menjadi pemeran dalam video lomba Tik-Tok.

“Semoga usaha, kerja keras dan keaktifannya di DWP menjadi tauladan yang patut ditiru. Mari kita doakan semoga almarhum Ibu Nurma Hadi Praseno mendapat tempat terindah di sisi-Nya. Aminn,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menyampaikan terimakasih kepada Penasehat DWP Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah Arief Rohman yang selalu memberikan arahan/nasehat dan dukungan dalam kegiatan DWP.

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada pengurus DWP Kabupaten Blolra, Ketua Unsur pelaksana dan seluruh anggota DWP Kabupaten Blora, serta Bank Jateng Cabang Blora, BPR-BKK Blora selaku sponsor dan semua pihak yang telah membantu.

Pada kesempatan yang sama Penasehat DWP Kabupaten Blora Hj. Ainia Shalichah Arief Rohman menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan terimakasih kepada Ketua DWP dan segenap pengurus serta semua anggota.

Dikatakannya, kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka HUT DWP ke-22 difokuskan dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi para pelaku usaha UMKM khususnya dalam mempertahankan usaha di masa pandemi Covid-19. Meningkatkan kepercayaan diri dalam usaha menjaga kesehatan mental.

“Dengan slogan, Bersama Membangun Ketahanan Perempuan Indonesia, Mental Sehat Bisnis UMKM Pulih. Maka slogan ini merupakan penyemangat dan pengingat kita semua bahwa kita adalah perempuan yang berdaya saing global,” ungkapnya.

Bunda Ain, sapaan akrab Ainia Shalichah berharap, keberadaan DWP dan keluarganya di seluruh Kabupaten Blora bisa menjadi simpul pemersatu dan memposisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah serta memberikan kontribusi dan memiliki komitmen tinggi dalam meningkatkan derajat kesehatan serta ikut andil dalam mempromosikan produk UMKM untuk meningkatkan masyarakat produktif, berdaya saing dalam ekonomi kreatif.

“Mari kita jadikan peringatan HUT ke-22 DWP ini sebagai jembatan untuk bersinergi antara satu dengan lainnya sehingga dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik khususnya bagi kiprah dan pean DWP dalam Sesarengan Mbangun Blora,” tuturnya.

Dikatakannya, beberapa waktu terakhir ini seolah-olah pandemi sudah melandai, tapi belum ada jaminan bahwa pandemi akan atau telah sirna. Bahkan baru-baru ini ditengarai ada varian virus baru, yang ditemukan dibelahan benua lain yang dimungkinkan bisa masuk ke negara kita.

“Namun saya yakin pemerintah juga pasti telah mengambil langkah-langkah prefentif yang diperlukan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Sehinga tidaklah salah kalau kita selalu waspada,” jelasnya.

Sebagai perisai diri, kata Bunda Ain, maka sebaiknya kita selalu menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi yang tekah diatur oleh pemerintah.

“Saya juga mengingatkan kepada ibu-ibu dan keluarganya yang belum divaksin. Mari segera untuk vaksin,” ucapnya.

Sementara itu penyerahan piala dan hadiah lainnya secara maraton diserahkan kepada masing-masing pemenang lomba. Suasana cukup meriah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Acara juga ditandai dengan pemotongan kue oleh Ketua DWP Blora yang diserahkan kepada Penasehat DWP Blora dibarengi dengan lagu ulang tahun. (Tim Dinkominfo Blora).



    Berita Terbaru

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...

    Hasil Seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha
    14 Mei 2024 Jam 17:16:00

    PENGUMUMAN Hasil Seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira...

    Hasil Seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Komisaris PT. Blora Patra Energi
    14 Mei 2024 Jam 17:11:00

    PENGUMUMAN Hasil Seleksi Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Komisaris PT. Blora Patra...