Berita Terkini

Blora Ziarah ke Makam Keluarga Tjitrosoman di Tuban


Pemerintah Kabupaten Blora melaksanakan ziarah di makam Tjitrosoman di Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu (8/12/2021). Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora.

Dalam ziarah digelar doa dan tabur bunga di salah satu makam yang dipercayai sebagai makam Bupati Blora pertama, yakni Raden Tumenggung Wilotikto (1749-1762)

Ziarah dipimpin langsung Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, dan diikuti Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, perwakilan Forkopimda, Sekda dan OPD terkait. Rombongan tiba di Tuban selepas adzan dzuhur dan langsung melakukan ziarah di makam Wilotikto yang berada di komplek Makam Keluarga Citrosuman, Desa Bejagung, Kecamatan Semanding.

Makam yang dipercaya Bupati pertama Blora ini berada di samping pemakaman keluarga Raden Tumenggung Tjitrosoman VII yang tidak lain adalah Bupati Tuban, sekaligus mertua dari Raden Tumenggung Wilotikto. Sehingga Bupati Blora pertama merupakan putra menantu Bupati Tuban.

Ziarah dilakukan dengan duduk di atas tikar, samping pusara Raden Tumenggung Wilotikto. Diisi dengan pembacaan tahlil singkat, dan dilanjutkan tabur bunga. Meskipun cuaca sedang terik, tidak mengurangi kekhidmatan prosesi ziarah.

Turut menyambut rombongan dari Blora adalah Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban Mokhamad Mahmud, dan Dinas Porabudpar setempat.

“Alhamdulillah setelah kemarin kita keliling ziarah leluhur yang ada di dalam kota, hari ini kita bisa ziarah ke Makam Bupati Blora yang menurut catatan sejarah merupakan Bupati pertama, Raden Tumenggung Wilotikto di Tuban. Satu komplek dengan makam-makam Bupati Tuban juga dari trah Citrosuman,” ucap Bupati.

Ziarah ini menurut Bupati dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para leluhur yang dahulu telah ikut memimpin dan melaksanakan pembangunan di Kabupaten Blora. Selain itu juga agar generasi muda tidak lupa terhadap sejarah masa lalu.

“Ternyata tadi juga ada prasasti silsilah Bupati di dalam area makam sana. Beberapa Bupati Blora diantaranya masih memiliki hubungan keluarga dengan para Bupati Tuban disini. Bisa dikatakan Tuban ini merupakan saudara tua kita yang ada di Blora,” ungkap Bupati.

Pihaknya pun mendorong agar Dinporabudpar Kabupaten Blora bisa melakukan kerjasama penggalian arsip silsilah Bupati dengan dinas terkait di Kabupaten Tuban, agar nantinya bisa terdokumentasi dengan baik sebagai ilmu sejarah lokal.

“Apalagi Mbah Sunan Pojok yang ada di Blora dahulu juga merupakan Bupati Tuban. Sehingga memang Blora dan Tuban ini memiliki hubungan yang erat di masa lalu. Kita sebagai generasi penerus harus terus menjaga hubungan baik kedua daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Sekda Tuban Mokhamad Mahmud, yang turut mendampingi pelaksanaan ziarah di Bejagung, mengungkapkan rasa bangganya atas kehadiran Bupati Blora lengkap bersama Wakil Bupati dan jajaran Forkopimda hingga Sekda.

“Kami merasa ini kunjungan yang istimewa dari Blora. Jauh-jauh untuk bersilahturahmi dan berziarah ke leluhur yang ada di Tuban. Kami berdoa semoga Blora kedepan akan lebih maju dan sejahtera di usianya yang ke 272 ini. Kita siap untuk merawat makam-makam para leluhur ini, apalagi ini merupakan leluhur 2 Kabupaten di satu tempat,” terangnya. (Dinkominfo/Prokompim).


    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...