Berita Terkini

Ziarah Makam Bupati Terdahulu Wujud Penghormatan Atas Jasa Membangun Blora


Pemerintah Kabupaten Blora, Jawa Tengah melaksakankan ziarah ke makam bupati terdahulu menjelang peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora, Selasa (7/12/2021).

Agenda itu menjadi salah satu rangkaian penting setiap tahun, sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pemimpin Blora.

Dalam ziarah itu Bupati Blora H. Arief Rohman, SIP., M.SI., Forkopimda Kab. Blora, Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE., M.Si., serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Blora mengenakan pakaian adat khas Jawa Solo (beskap tanpa mengenakan keris). Sedangkan Wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati, ST, MM mengenakan kain dan kebaya.

Di area makam, dilaksanakan doa dan tahlil yang dipimpin pemuka agama setempat yang telah ditunjuk.

“Jadi dalam rangka Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora, kita mengadakan ziarah ke makam-makam bupatin terdahulu, yuang pertaman di makam gedong Tirtonatan. Semoga jasa Bupati yang dulu sudah membangun Blora ini, arwahnya di terima di sisi-Nya dan semoga menjadi spirit kita untuk melakukan pembangunan di Kabupaten Blora,” kata Bupati Blora.

Selanjutnya Bupati dan rombongan menabur bunga pada makam para Bupati Blora terdahulu di lokasi setempat.

Ziarah berlangsung khidmat di komplek makam gedong Tirtonatan di Desa Ngadipurwo, Kecamatan Blora. 

Seperti diketahui, almarhum Bupati Blora yang ada di makam gedong Tirtonatan yaitu Raden Tumenggung Jayeng Tirtonoto, Raden Tumenggung Cokro Negoro I, Raden Tumenggung Prawiroyudo, Raden Tumenggung Adipati Tirtonegoro, Raden Tumenggung Panji Notowijoyo, Raden Tumenggung Cokronegoro II, Raden Tumenggung Cokronegoro III, Raden Muhammad Said Abdul Kodir Jailani, serta penasehat bupati pertama Sayyid Idrus Al Jufri.

Suasana khidmat dalam kegiatan yang sama juga dilaksanakan di makam Sunan Pojok Blora.

Kemudian dilanjutkan ziarah dan tabur bunga di makam Bupati Basuki Widodo di makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu.

“Kami sampaikan terimaksih atas jasa-jasa beliau dalam rangka mbangun Blora. Dan kita berdoa semoga di Hari Jadi ke-272 ini Kabupaten Blora terus semakin maju, semakin makmur dan barokah, dengan bisa membawa kesejahteraan untuk rakyat, masyarakat kabupaten Blora,” ungkap Bupati usai ziarah di makam almarhum Bupati Blora Basuki Widodo,” ungkapnya.

Setelah dari makam Giri Mulyo, Kecamatan Cepu, rombongan ziarah menuju ke Makam Janjang di Desa Janjang Kecamatan Jiken.

Di makam Mbah Janjang, Bupati dan Forkoopimda Blora melaksanakan doa dan ziarah dengan khidmat.

Sementara itu, Ketua DPRD Blora, HM Dasum, SE., MMA., mengungkapkan bahwa melalui ziarah selain mempererat ikatan emosional dan silaturahmi dengan kerabat dan keluarga mantan bupati, minimal kita mengenang para syuhada, para bupati yang telah mendahului kita.

“Jadi dengan sejarah, maka kita perlu mengenangnya,” ucap HM. Dasum.

Hanya saja dalam kegiatan peringatan Hari Jadi masih dilaksanakan dalam masa pandemi sehingga harus mematuhi protokol kesehatan.

Meski demikian bisa tetap melestarikan budaya leluhur dan bisa menjadikan agenda rutin tetap berjalan secara terus menerus.

"Kali ini berbeda, karena di tengah pandemi kita harus tetap memperingati hari jadi, semoga tidak menyurutkan semangat kita. Terima kasih kepada Forkopimda, Anggota DPRD dan seluruh Kepala OPD, bersama camat dan kalur maupun kades yang telah turut serta dalam kegiatan ziarah ini. Kegiatan ini sebagai wujud penghormatan terhadap leluhur dan para bupati terdahulu yang telah memimpin Blora,” kata HM Dasum.

Melalui peringatan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora, dia berharap semoga Kabupaten Blora lebih baik dan makin maju dengan tagline Sesarengan mBangun Blora yang unggul dan berdaya saing.

Agenda yang sama juga dilakukan di makam Bupati Iskandar di Butoh Kec. Blora.

Sementara, ziarah makam Bupati Blora di luar kota, yakni di Tuban, Jawa Timur dilaksanakan, Rabu (8/12/2021).

Namun sebelumnya, Rabu (1/12/2021) dilaksanakan ziarah ke Semarang di makam almarhum Bupati Blora Soekardi Hardjoprawiro, MBA yang menjabat bupati 1989-1999 yang dimakamkan di TPU Salaman Moyo Kec. Semarang Barat.

Kemudian dilanjutkan ke makam Almarhum Bupati Soekirno Sastro Dimejo yang menjabat Bupati Blora tahun 1960-1966 di TPU Jangkang Kelurahan Jomblang Kec Candisari, Semarang.

Dari Semarang, dilanjutkan ziarah dan tabur bunga menuju kabupaten Temanggung ke makam almarhum Bupati H. Soemarno, SH yang menjabat Bupati Blora tahun 1979-1989.

Setelah itu, pada Kamis (2/12/2021) ziarah dan tabur bunga dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Yogyakarta. Yaitu makam almarhum Bupati Soepadhi Joedodarmo yang menjabat Bupati Blora tahun 1973-1979.

Berikutnya menuju ke TMP Kusuma Bhakti Kecamatan Jebres, Kota Surakarta untuk melaksanakan kegiatan yang sama di makam almarhum bupati Srinardi, yang menjabat Bupati Blora tahun 1966-1973. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...