Seputar Blora

DPK IARMI Blora Bekerja Sama DPP IARMI Jateng Tabur Ribuan Benih Ikan di Embung Desa Tutup


Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Blora menabur ribuan benih ikan dan penanaman bibit pohon di area embung Desa Tutup Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Jumat (3/12/2021).

Kegiatan itu diselenggarakan bekerja sama dengan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Jawa Tengah (DPP IARMI Jateng) dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Bela Negara ke-73 dan Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora.

Ketua DPK IARMI Blora Drs. Suryanto, M.Si diwakili Dewan Pakar IARMI Blora, Ignatius Ary Soesanto, S.Sos., M.Si., antara lain menjelaskan, keberadaaan embung perlu didukung dengan kelestarian alam di sekitarnya agar dapat berfungsi dengan baik, yaitu sebagai tempat untuk menyediakan air untuk pengairan tanaman di musim kemarau, meningkatkan produktivitas lahan, masa pola tanam dan pendapatan petani di lahan tadah hujan, mencegah/mengurangi luapan air di musim hujan dan menekan risiko banjir serta memperbesar peresapan air ke dalam tanah.

Disampaikan, sebagai komponen masyarakat terlatih, Dewan Pimpinan Kabupaten Blora (DPK) Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (IARMI) Blora merasa terpanggil untuk ikut berperan dalam menghadapi segala bentuk ancaman terhadap bangsa dan negara ini, termasuk kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di sekitar kita.

Sehubungan hal tersebut, lanjut Ary Soesanto, DPK IARMI Blora bekerja sama dengan DPP IARMI Jawa Tengah menggelar kegiatan penanaman pohon dan tabur benih ikan di embung Desa Tutup Kecamatan Tunjungan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengisi rangkaian kegiatan Hari Bela Negara ke-73 yang diperingati 19 Desember 2021 dan peringatan Hari jadi ke-272 Kabupaten Blora pada 11 Desember 2021,” terangnya.

Adapun maksud dan tujuannya yakni sebagain sarana pembinaan dan peningkatan sumber daya Alumni Menwa yang beriman, bertaqwa, berakhlak, berilmu, serta menjadi teladan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tujuannya, menggerakkan dan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk peduli akan kelestarian alam dan lingkungan hidup,” jelasnya.

Kemudian, menggalang kerja sama yang sinergis dan berkesinambungan antara IARMI dan Pemerintah Daerah. Menumbuhkan sikap bela negara kepada generasi muda, terutama para pelajar untuk ikut ambil bagian dalam melestarikan alam di sekitarnya.

Adapun peserta acara tersebut yaitu DPK IARMI Blora, DPP IARMI Jateng, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Peternakan dan Perikanan Blora, Forkopimca Tunjungan, SMK Bhakti Husada PGRI Blora, SMK Al Alif Blora, SMK Maarif Blora, SMAN 1 Tunjungan, SMKN 1 Tunjungan, MAN Blora dan Kepala Desa serta masyarakat desa Tutup.

“Pada kegiatan ini sebanyak 5.000 ekor benih ikan nila dari DPP IARMI Jateng ditabur di embung Desa Tutup dan ditanam 1.000 bibit pohon dari DLH di area setempat,” terangnya.

Sementara itu Danramil Tunjungan Kapten Inf. Muntoyono mewakili Forkopimca Tunjungan dalam sambutannya antara lain menyampaikan bahwa bela negara bukan miliknya TNI-Polri ataupun aparat pemerintah tetapi bela negara ini seluruh elemen yang harus bersama-sama menjaga NKRI dengan berbuat apapun yang positif, dengan mementingkan seluruh kepentingan masyarakat Indonesia.

“Saya harapakan Alumni Resimen Mahasiswa yang ada di Blora ini berperan dan berkontribusi kepada masyarakat di wilayah Blora dalam hal apa saja. Bela negara ini tidak harus mengangkat senjata dengan melaksanakan perang dengan musuh. Tetapi peran kita di masyarakat bagaimana kita bisa membantu. Termasuk di masa pandemi ini, ada satu peran IARMI yang ada di Blora, sehingga pandemi ini segera berakhir,” kata Danramil Tunjungan.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua DPP IARMI Jawa Tengah Prabowo, mewakili Ketua DPP IARMI Jateng, mengemukakan kegiatan itu dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Bela Negara meskipun pelaksanaannya baru akan dilakukan pada 19 Desember 2021 (Hari Bela Negara ke-73).

“Rangkaian kegiatan ini diawali di Kabupaten Blora yang ternyata juga mangayubagya Hari Jadi ke-272 Kabupaten Blora,” ucapnya.

Jadi, kata Prabowo, dari DPP IARMI Jawa Tengah beserta aktivitas, bahwa dalam rangka Hari Bela Negara ke-73 ada empat agenda, pertama, seminar laksar bela negara pada 10 Desember 2021.

“Kedua, tabur benih dan makan ikan gratis. Ini tidak hanya di kabupaten Blora tapi juga dari DPK IARMI Kota Solo, Sukoharjo, Klaten, Kota Semarang, Sragen. Jadi di Blora ini yang pertama dilaksanakan,” jelasnya.

Ia menyebut, pihaknya memiliki lebih kurang 30.000 benih ikan yang akan dibagikan di tiap Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Tengah yang kebetulan memang bisa melaksanakan kegiatan tersebut itu.

“Kemudian yang ketiga olahraga bersama masyarakat yang dilaksanakan di Terminal Tirtonadi Solo. Dan yang terakhir tanggal 18 Desember 2021, kita tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bhakti Surakarta,” jelasnya.

Probowo juga meminta kepada dinas agar IARMI bisa dilibatkan pada kegiatan yang dilaksanakan, dan IARMI akan siap.

Acara ditandai penyerahan bibit ikan nila secara simbolis kepada Kepala Desa Tutup Sungkowo oleh Wakil Ketua DPP IARMI Jateng Prabowo didampingi Sekretaris Dinnakkikan Blora Hadi Praseno., S.Sos.

Selain itu juga diserahkkan secara simbolis bibit pohon oleh Kepala DLH Blora Ir. Hj. Reni Miharti, M.Agr. Bus kepada Kades Tutup Sungkowo.

Pelakasanaan tabur beih ikan dan penanaman pohon berlangsung lancar dan tertib dengan melaksanakan protokol kesehatan. (Tim Dinkominfo Blora).


    Berita Terbaru

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...

    Pemkab Blora Menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian RI
    27 April 2024 Jam 19:16:00

    Pemkab Blora menggelar Rakor dengan Kementerian Koordinator Perekonomian (RI), Deputi Bidang...

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...