Seputar Blora

DPK Blora Raih Predikat Juara Untuk Dua Kategori Lomba Perpustakaan Tingkat Provinsi Jawa Tengah


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora memperoleh Predikat Juara untuk dua kategori Lomba Perpustakaan tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala DPK Blora Aunur Rofiq, SE, MSi melalui Kepala Bidang Perpustakaan Nugraheni Wahyu Utami, SP menjelaskan dua kategori yang berhasil diraih yaitu, pertama, Lomba Pustakawan Berprestasi menyandang juara Harapan 1 oleh Pustakawan Ahli Madya atas nama Mokhammad Farid Rohmawantika, S.Sos.

Kedua, Lomba Perpustakaan Desa tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diperoleh Perpustakaan Lentera Desa Balong Kecamatan Jepon Kab. Blora, sebagai Juara Harapan 3.

Ia menjelaskan, untuk perolehan kejuaran, Lomba Pustakawan DPK Blora di tingkat Provinsi Jawa Tengah telah terhimpun, pada tahun 2016 Harapan 1, tahun 2018 Harapan 2, tahun 2019 Harapan 2, tahun 2020 Juara 2 dan tahun 2021 Harapan 1.

“Alhamdulillah, tentu saja sangat bersyukur. Sedangkan dalam kategori Lomba Pepustakaan Desa, prestasi tahun 2021 ini merupakan pertama kali sejak dilaksanakan lomba Perpusdes di Jateng,” jelasnya, di Blora, Rabu (29/9/2021).

Penyerahan hadiah lomba Pustakawan berprestasi dan Lomba Perpustakaan Desa tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 dilaksanakan di aula lantai 4 Gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Jl Srondol No 108 Semarang, Selasa (28/9/2021) pukul 09.00 sampai dengan 11.00 dan pukul 13.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Acara dibuka oleh Kepala Dinarpus Provinsi Jateng dan dihadiri seluruh pemenang lomba dari 6 jenis kategori, yaitu, Lomba Mendongeng untuk SD/MI tingkat Jateng, Lomba Menulis Artikel SMA/MA/SMK tingkat Jateng, Lomba Pustakawan Berprestasi Pustakawan se Jateng, Lomba Perpustakaan Umum se Jateng, Lomba Perpustakaan Sekolah untuk SMA/SMK/MA se Jateng dan Lomba Perpustakaan Desa se Jateng. 

Selain para pemenang juga dihadiri para pendamping juara lomba dari kabupaten/kota serta beberapa tamu undangan lainnya.

Plt. Kadinas Dinarpus Prov Jateng Sapta Herawati, SH, MM dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan lomba adalah untuk meningkatkan peran dan fungsi perpustakaan umum, perpus sekolah, dan perpus desa dalam mewujudkan masyarakat literat yang cerdas, berkualitas dan berdaya saing.

“Sedangkan bagi para pustakawan lomba dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalitas dan kecakapan pustakawan dalam mengelola kegiatan kepustakawanan serta pengembangan profesinya di perpus umum Kab/Kota dalam wilayah Jawa Tengah,” jelasnya.

Adapun tujuan lomba adalah untuk mewujudkan fungsi perpustakaan sebagai tempat belajar masyarakat sepanjang hayat, sebagaimana Undang-Undang Perpustakaan nomor 43 tahun 2007.

Sementara itu Pemenang Lomba Pustakawan DPK Blora Mokhammad Farid Rohmawantika, S.Sos, mengungkapkan kemenangan yang kelima kali ini merupakan karuniah dari Allah SWT.

“Semoga menjadi motivasi untuk diri dan rekan-rekan pustakawan di Blora dan Jawa Tengah untuk selalu meningkatkan citra profesi pustakawan dalam pengabdian kepada masyarakat, khususnya melalu tupoksi kepustakawanan dalam pengembangan mutu layanan berkualitas melalui hal-hal inovasi pustakawan serta kegiatan inklusi untuk mewujudkan kesejahteraan sosial,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Nyomo, Kepala Desa Balong.

“Melalui prestasi ini menjadikan inspirasi bagi kami bahwa peran perpustakaan dalam pembangunan adalah sangat penting, sebab fungsinya menjadi tempat belajar masyarakat sepanjang hayat. Hal tersebut merupakan kunci untuk terwujudnya masyarakat sejahtera secara moril dan materiil, khususnya masyarakat desa Balong,” ujarnya. (Tim).

    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...