Seputar Blora

Gua Terawang Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan


Obyek wisata Gua Terawang di wilayah Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora mulai ramai pengunjung atau wisatawan, Minggu (12/9/2021).

Mereka datang dari dalam dan luar Kabupaten Blora seperti daerah Pati, Grobogan dan Rembang.

Dengan mengendarai sepeda motor dan mobil, baik keluarga atau rombongan, para pengunjung silih berganti berdatangan ke salah satu lokasi wisata andalan Blora yang dibuka kembali oleh KPH Perhutani Blora, Kamis (9/9/2021) setelah Blora masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

"Kami simak informasi, Gua Terawang sudah mulai dibuka kembali, jadi kami sempatkan kesini, mumpung hari Minggu, refreshing sama suami dan anak," kata Muslikah, wisatawan dari Kuwu Kab. Grobogan.

Dirinya menyadari, patuh protokol kesehatan Covid-19 harus tetap dilakukan.

"Ya harus patuh prokes. Saya dan suami juga sudah divaksin," ucapnya.

Ia mengaku punya kenangan tersendiri di Gua Terawang dan sudah ketiga kalinya berkunjung.

Sementara Azrarul Fikri, salah seorang mahasiswa STTR Cepu asal Kunduran Kec. Kunduran yang berwisata ke Gua Terawang mengaku suasananya adem dan sejuk.

"Suasananya adem, sejuk. Rindu, sudah lama tidak ke sini. Harapannya, lokasi Gua Terawang ini jangan dirombak-rombak, biarkan sesuai dengan alam aslinya," kata dia.

Meski mulai nampak ramai dikunjungi, namun menurut Eko Yuli Sulistiyono, salah satu petugas pengelola wisata Gua Terawang dari KPH Blora mengungkapkan jumlah pengunjung menurun karena kapasitasnya dibatasi dari hari biasanya.

"Kapasitasnya kan dibatasi dari hari biasanya, jadi pengunjung juga menurun. Apalagi baru dibuka kembali Kamis (9/9/2021). Hari pertama, Kamis, hanya dua tiket masuk. Hari kedua, Jumat (10/9/2021) 18 tiket, dan hari ketiga, Sabtu, (11/9/2021) sekitar 19 tiket masuk. Kalau hari Minggu (12/9/2021) belum tahu, kayaknya naik, kan hari libur," terangnya.

Diinformasikan berbagai media, pembukaan itu menyusul penerapan PPKM level 2 di Kabupaten Blora yang mana Bupati Blora Arief Rohman,S.IP, M.Si telah membuat surat edaran sesuai aturan PPKM level 2, di antaranya kesenian dan tempat wisata diperbolehkan buka kembali dengan pengunjung maupun penonton 50 persen.

Gayung bersambut, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, telah membuka kembali wisata hutan Gua Terawang setelah sekian lama tutup saat PPKM level 4 Jawa-Bali diterapkan Pemerintah.

"Sesuai edaran Bupati, kita kan sudah level 2. Selain itu sesuai Dinas Pariwisata, untuk wisata kan sudah boleh buka, namun tetap sesuai protokol kesehatan," kata Wakil Kepala Administratur (Adm) KPH Blora Arif Silfianto, Jumat (10/9/2021).

Dia mengatakan, pihaknya akan selektif terhadap pengunjung. Pengukuran suhu tetap dilakukan sebelum masuk ke lokasi. 5 M tetap menjadi yang utama.

"Kita instruksikan kepada rekan-rekan yang mengelola di lapangan agar prokes menjadi standart untuk setiap pengunjung. Kapasitas pengunjung sesuai prokes yaitu 50 persen, yang sistemnya kita menyediakan nomor," katanya.

Selain itu, karena sudah libur beberapa waktu lalu, pihaknya juga akan melakukan pembersihan dan pembenahan.

"Jadi kita juga akan mengimbau kepada pengunjung untuk menunjukkan surat vaksin jika ada yang belum vaksin kita imbau untuk tidak masuk," ujarnya. (Tim Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...

    Kodim 0721/Blora Sosialisasi Rencana Program TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    02 Mei 2024 Jam 14:13:00

    Kodim 0721/Blora akan menyelenggarakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung...