Berita Terkini

Pemkab Blora Siap Sesarengan Bersinergi Wujudkan SAKIP Jateng Predikat AA


Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM mengikuti Webinar Program Eksekutif Daerah Tahun 2021 dengan tema MENUJU SAKIP JAWA TENGAH PREDIKAT "AA" di Ruang Rapat Wakil Bupati, Kamis (26/8/2021) pagi.

Webinar yang diikuti oleh hampir 400 peserta dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo langsung dari Ruang Kerja Grhadika Bhakti Praja.

Dalam laporannya Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah Drs. Mohamad Arief Irwanto, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan webinar ini bertujuan untuk mewujudkan good government.

"Webinar yang diselenggarakan secara virtual ini, selain diikuti melalui zoom juga disiarkan secara langsung melalui kanal youtube BPSDMD bertujuan untuk meningkatkan good government yang muaranya meningkatkan sistem akuntabilitas kinerja pemerintahbmenuju predikat AA dengan mereview hasil sakip yang lampau,"lapor Arief.

Disampaikan pula olehnya bahwa webinar ini menghadirkan beberapa narasumber yaitu

1. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

2. Andi Rahadian,SH, LL.M (Asisten Deputi V Kedeputian Bidang RBKunwas Kemenpan RB Republik Indonesia) yang membawakan materi Upaya Penguatan SAKIP Provinsi Jawa Tengah.

3. Dr. Ir. Ihwan Sudrajat, M.M. (Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Tengah) yany memberikan materi Kesiapan SAKIP Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

4. Drs. Benny Suharsono, M.Si (Kepala Bappeda DIY) dengan materi Implementasi SAKIP Pada Pemerintah Daerah DIY.

5. Ana Windyawati, S.H., M.H. (Kepala Biro Organisasi Setda DIY) yang menyampaikan materi Budaya Kinerja Pemerintah Daerah DIY.

Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, SH. M.IP dalam sambutan pembukaannya mengajak interaksi dengan seluruh peserta webinar dengan melemparkan kendala-kendala apa yang dihadapi pemerintah daerah dalam menciptakan sistem akuntabilitas kinerja pemerintah.

Dari jawaban yang disampaikan peserta, Gubernur pun mengambil kesimpulan bahwa dengan mengetahui kendala-kendala yang dihadapi seharusnya pemerintah daerah sudah dapat memperbaikinya.

"Dari diskusi singkat tadi, monggo semua peserta sudah mengetahui problemnya, kita tinggal merumuskan yang terbaik untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dan untuk penilaian SAKIP kita perbaiki baik dari sisi administratif maupun substansinya. Semoga tahun depan kita dapat menyamai provinsi tetangga,"pungkas Gubernur.

Sebagai informasi nilai SAKIP Kabupaten Blora ditahun 2019 63,67 dengan predikat B, masih lebih tinggi dibanding kabupaten tetangga tetapi masih dibawah Kab. Pati.

Menilik hasil tersebut dan setelah mengikuti webinar ini, Wakil Bupati meminta kepada dinas terkait untuk memperbaiki kekurangan apa dalam pelaporan SAKIP Kab. Blora sehingga kedepan lebih baik lagi.

"Saya akan lapor ke beliau bapak Bupati, terkait capaian SAKIP Kab. Blora. Dan tolong kendala - kendala apa yang dihadapi oleh bapak/ibu, entah itu kendala administratif maupun substantif, untuk dikomunikasikan. Kita cari jalan keluarnya bersama - sama. Semoga capaian SAKIP kita kedepan dapat lebih baik lagi," kata Wabup mewakili Bupati Blora Arief Rohman, S.IP, M.Si.

Hadir mendampingi Wakil Bupati dalam webinar ini Asisten Administrasi Umum Sekda Blora, Kepala Dinkominfo, Plt. Kepala Bappeda, Kabag Organisasi Setda Blora dan jajaran. (Tim Dinkominfo/Tim Liputan Prokompim Blora).

    Berita Terbaru

    Penyampaian Rekomendasi DPRD Terhadap LKPJ Bupati Blora Akhir Tahun Anggaran 2023
    08 Mei 2024 Jam 20:55:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora menggelar rapat paripurna dalam acara...

    Wabup Blora Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Geneng
    08 Mei 2024 Jam 18:45:00

    Komando Distrik Militer (Kodim) 0721 Blora melaksanakan upacara pembukaan TNI Manunggal...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Kab. Blora
    08 Mei 2024 Jam 14:17:00

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora....