Berita Terkini

Dampingi Kunjungan Tiga Menteri, Bupati Minta Dukungan Vaksinasi Untuk Blora


Bupati Blora H. Arief Rohman S.IP, M.Si mendampingi tiga Menteri Kabinet Indonesia Maju meninjau pelaksanaan vaksinasi di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akamigas Cepu, Kabupaten Blora, Minggu (22/8/2021).

Ketiganya adalah Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Prof. Dr. Drs. Pratikno, M.Soc.Sc., Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Tohir, B.A., M.B.A bersama rombongan.

Turut mendampingi Dirjen Perhubungan Udara, Kakorlantas Polri, Dirut Pertamina, Dirut Jasa Raharja, Wakil Bupati, dan jajaran Forkopimda.

Di lokasi vaksinasi tersebut, ketiga menteri meninjau setiap tahapan vaksinasi yang harus dilalui para peserta.

Mulai dari registrasi, screening, hingga penyuntikan dan pasca penyuntikan vaksin. Para menteri juga nampak menyapa dan berdialog dengan sejumlah peserta vaksinasi.

Vaksinasi ini merupakan kerjasama TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan BUMN seperti Pertamina, dan PT. Jasa Raharja.

Masyarakat tampak antuasias dan pelaksanaannya dilakukan dengan sistem shif agar tidak terjadi kerumunan.

Melihat tingginya antusias masyarakat untuk mengikuti vaksinasi ini, Bupati Arief Rohman pun meminta dukungan ketiga menteri agar kuota vaksin Kabupaten Blora bisa terus ditambah.

“Kami berharap para Menteri melalui lembaganya masing-masing bisa membantu vaksinasi di Kabupaten Blora. Karena vaksinasi ini merupakan tugas kita bersama sesuai arahan Bapak Presiden,” ucap Bupati.

Menteri Setneg mengungkapkan bahwa upaya percepatan vaksinasi akan terus dilakukan oleh pemerintah, termasuk dengan bersinergi melibatkan berbagai pihak.

"Pemerintah saat ini terus menerus mempercepat vaksinasi di seluruh pelosok Indonesia dan jumlah vaksin saat ini berhasil terus ditambah secara bertahap dan ini membutuhkan dukungan dari semua pihak terutama dari para nakes, TNI, Polri dan semua aparat yang terlibat dan pemerintah daerah juga BUMN dan institusi lain juga hadir" ungkap Mensetneg Pratikno.

Dijelaskannya, vaksinasi menjadi salah satu langkah penting untuk dapat mengendalikan pandemi ini dengan sebaik-baiknya.

Mensetneg mewanti-wanti agar semua pihak tetap mewaspadai penularan Covid-19. Pihaknya pun meminta agar upaya-upaya mencegah penularan virus untuk dapat dilakukan secara bersama-sama.

"Karena kita harus waspada di beberapa negara mengalami gelombang ketiga lagi jangan sampai terjadi di kita, jadi vaksinasi salah satu pintu penting, tentu saja juga protokol kesehatan dan hal-hal lain yang mengurangi resiko penularan dan mempercepat penyembuhan itu juga harus kita lakukan secara bersama sama," jelas Pratikno.

Ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras untuk mempercepat vaksinasi ini.

Senada dengan hal tersebut Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan bahwa percepatan vaksinasi merupakan hal yang sangat penting dalam menangani pandemi ini.

"Saya sampaikan juga percepatan vaksinasi ini menjadi sangat kunci bagi kita semua dalam penanggulangan Covid-19 ini. Pihaknya menyatakan kesiapannya agar BUMN juga ikut menyukseskan vaksinasi," ungkap Menteri BUMN.

Disampaikannya, bersamaan dengan percepatan vaksinasi, pemerintah juga telah menyiapkan paket obat-obatan gratis bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

Erick Thohir juga menghimbau agar masyarakat tidak takut untuk divaksin, dan meminta untuk peduli dan tidak mengucilkan masyarakat yang terpapar.

"Jangan takut, selain divaksin, obat-obat gratis yg diberikan oleh bapak presiden sudah tersedia untuk jawa bali dan jumlahnya sangat besar 300ribu," terang Menteri BUMN.

"Saya rasa untuk masyarakat pada saat ini terpapar positif bukanlah aib, karena penyakit ini bisa disembuhkan dan hal ini harus menjadi bagian dari kepedulian masyarakat" lanjutnya.

Pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, termasuk nakes, TNI, Polri dan pihak lainnya yang telah mendukung percepatan vaksinasi.

"Mudah-mudahan (dengan divaksin) masyarakat bisa bekerja dengan tenang, belajar dengan tenang," ucapnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi sinergitas berbagai pihak yang bahu-membahu melaksanakan percepatan vaksinasi.

"Kegiatan yang luar biasa, jumlahnya banyak, pengelolanya kompak ada TNI, Polri, Pemda, BUMN ini menunjukkan arahan Presiden bahwa semua pihak harus melakukan ini dengan serius," ucap Menhub.

Sebagai informasi pelaksanaan vaksinasi di PEM Akamigas dapat terlaksana dengan dukungan dan sinergitas dari TNI, Polri dan Pemerintah Kabupaten Blora. Pelaksanaan vaksinasi ini ditargetkan dapat menjangkau sebanyak 5000 sasaran vaksin dan digelar secara shift untuk mencegah terjadinya kerumunan. 

Ketiga menteri berkunjung ke Blora naik pesawat bermesin jet dengan kode N997JH mendarat sempurna sekira pukul 09.00 WIB di Bandar Udara (Bandara) Ngloram, Kecamatan Cepu Kabupaten Blora. (Tim Blora/Tim Liputan Prokompim Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...