Berita Terkini

Menteri Agama Ajak Pemkab Berkolaborasi Tangani Pandemi


Menteri Agama (Menag) RI H. Yaqut Cholil Qoumas melakukan kunjungan kerja ke Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora, Jumat (20/8/2021).

Setibanya di Kantor Kemenag Blora, Menteri Agama RI disambut oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, Forkopimda Blora, dan Kepala Kantor Kemenag Blora.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Kepala Kemenag Kabupaten Rembang, dan Rektor IAIN Pekalongan yang kebetulan sedang pulang kampung ke Blora.

Menag RI yang akrab disapa Gus Yaqut tersebut menyampaikan tujuannya melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Blora, yakni terkait dengan upaya-upaya penanganan pandemi.

“Saya kunjungan kerja kesini, saya melihat dan berdiskusi juga sama pak bupati terkait pandemi dan tentu saja terkait hambatan-hambatan (yang dihadapi), upaya-upaya pemerintah daerah dan tentu Kemenag Kabupaten Blora dalam ikut menangani pandemi, diskusi kita terkait itu” ucap Gus Yaqut.

Ditambahkannya, Kementerian Agama RI juga akan berkolaborasi dengan Pemkab Blora untuk mendukung upaya percepatan vaksinasi, termasuk terkait vaksinasi di pondok pesantren.

“Vaksin untuk pesantren, kita juga akan kerjakan bersama Pak Bupati nanti supaya pesantren-pesantren bisa segera mendapatkan akses terhadap vaksin, termasuk sekolah keagamaan lainnya,” ungkap Menag.

Disamping itu, pihaknya juga berpesan agar pondok pesantren yang ada di Blora untuk dapat selalu menjaga dan mentaati protokol kesehatan.

Termasuk, juga mendorong Kemenag Blora untuk selalu aktif berkolaborasi bersama Pemkab Blora dalam upaya penanganan pandemi, percepatan vaksinasi dan berbagai bidang lainnya.

“Saya datang kesini dalam rangka menyambungkan kolaborasi antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah,” ucapnya.

“Saya kira ini akan menjadi kerjasama yang luar biasa antara Kementerian Agama RI dan pemerintah daerah. Karena pandemi ini tidak bisa diselesaikan sendiri melawan pandemi ini harus kolaboratif bersama-sama, ” lanjutnya.

Bupati Blora menyambut baik kehadiran Menag RI di Kabupaten Blora. Bupati Arief Rohman menyatakan dukungan dan kesiapan dari Pemkab Blora untuk bersinergi dengan Kemenag dalam rangka penanganan pandemi maupun terkait pembangunan sektor keagamaan.

“Alhamdulillah, sugeng rawuh, selamat datang Gus Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kabupaten Blora, kami siap sinergi sesarengan mBangun sektor keagamaan yang damai dan menyejukkan. Tidak hanya keagaaman saja, namun juga berkolaborasi untuk penanganan pandemi,” ucap Bupati.

Usai melakukan diskusi, Menag RI kemudian meninjau perkembangan pembangunan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kab. Blora yang saat ini tengah dalam proses pembangunan.

Gus Yaqut meminta agar pembangunan dapat rampung tepat waktu, Ia juga berpesan kepada para pekerja yang saat itu tengah beraktivitas agar tetap mentaati protokol kesehatan.

“Yang penting, selain (selesai pembangunannya) tepat waktu, protokol kesehatannya juga jangan lupa, jangan sampai kerja cari nafkah tapi tidak sehat. Harus bersama sama itu antara kesehatan dan mencari nafkah,” kata Menag.

Sebagai informasi, peletakan batu pertama pembangunan PLHUT telah dilakukan oleh Bupati Blora beserta Kepala Kantor Kemenag Blora pada Juni 2021 lalu, pembangunan diperkirakan rampung pada akhir Oktober atau awal November 2021 mendatang.

Diharapkan dengan adanya fasilitas yang diberikan oleh Kemenag RI tersebut nantinya dapat meningkatkan pelayanan terkait haji maupun umrah di Blora maupun daerah sekitarnya.

Terkait pembangunannya, Kepala Kemenag Blora, H. M. Kafit, S.Ag, M.Pd mengungkapkan bahwa saat ini proses pembangunan PLHUT masih berlangsung. Ia pun menyampaikan perkembangan pembangunan saat ini.

“Saat ini pembangunan (Gedung PLHUT) sudah 26 persen,” terangnya.

Usai kunjungan Menag RI tersebut, Bupati bersama Staf Ahli Menag dan Kakanwil Kemenag Jateng kemudian meninjau perkembangan pembangunan asrama siswa di MTsN yang ada di Kec. Jepon, Kab. Blora. (Tim Dinkominfo/Tim Liputan Prokompim).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...