Berita Terkini

Wabup Ikuti Peluncuran Perpres Nomor 67 Tahun 2021 Tentang Penanggulangan TBC


Mewakili Bupati H. Arief Rohman, SIP., M.Si., Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, ST, MM mengikuti peluncuran Perpres No 67 Tahun 2021 tentang penanggulangan tuberkulosis secara virtual oleh Menteri Koordinator PMK RI Ir. Muhadjir Effendidi Ruang Rapat Bupati, Kamis (19/8/2021). 

Sebelum puncak acara peluncuran, disampaikan beberapa dukungan arahan dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin yang menyampaikan bahwa TBC menimbulkan dampak negatif yang mempengaruhi kesehatan warga.

"Indonesia negara tertinggi kedua di dunia dalam jumlah pengidap TBC, dan ini merupakan pekerjaan rumah kita bersama untuk menurunkan angka ini. Kami mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi menanggulangi TBC sehingga di tahun 2030 dapat mengeliminasi TBC," kata Menkes.

Sementara itu, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri RI Dr. Hari Nur Cahya Murni, M.Si mewakili Menteri Dalam Negeri mendukung penuh peluncuran Perpres ini dengan menekankan peran pemerintah daerah dalam memerangi TBC.

"Komitmen peran pemerintah daerah dalam penanganan TBC salah satunya dengan memberikan dukungan anggaran, pemenuhan sumber daya manusia di bidang kesehatan yang mumpuni dan menetapkan strategi akses pelayanan kesehatan dlm mengatasi TBC," ungkapnya.

Menteri PPN/Bappenas Dr. (H.C) Ir. H. Suharso Monoarfa mengajak seluruh stakeholder untuk berlari dengan cepat agar tahun 2030 dapat mengeliminasi TBC.

"Terbitnya perpres ini sebagai komitmen pemerintah untuk dapat merdeka dari TBC di tahun 2030. Mari kita bersama - sama bergotong royong dan bahu membahu memerangi TBC dan juga pandemi - pandemi lainnya," ajak Suharso
Sementara itu, Menko PMK RI. 

Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP dalam sambutan pengarahannya menyampaikan bahwa terbitnya perpres ini sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Ke-76 RI.

"Hadiah kemerdekaan Ke-76 RI tidak hanya perpres ini, tapi ada satu lagi Perpres No 72 Tahun 2021 yaitu tentang penanganan stunting. Dua - duanya sangat strategis dalam pembangunan sumber daya manusia. Hal ini merupakan salah satu wujud komitmen bapak Presiden untuk lebih memperhatikan dan lebih fokus dng pembangunan SDM. Mari kita bahu membahu dan bergotong royong meningkatkan komitmen semua pihak dan tumbuh bersama untuk Indonesia tangguh menanggulangi tuberkulosis," harapnya.

Peluncuran ditandai dengan Toss TBC oleh seluruh peserta secara virtual yang kemudian dilanjutkan dengan webinar untuk pendalaman materi.

Wakil Bupati menyambut dengan antusias terbitnya Perpres ini dan memerintahkan OPD terkait untuk menindaklanjuti.

"Karakteristik penanganan TBC dan Covid-19 hampir mirip, salah satunya tadi dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan sanitasi lingkungan. Semua sudah kita lakukan untuk mencegah penularan Covid-91 sekaligus penularan TBC. Perpres ini segera ditindaklanjuti sebagai wujud dukungan kita merdeka dari TBC di tahun 2030. Toss TBC.."ungkap Wabup.

Pihaknya mengaku akan melaporkan adanya Perpres ini dengan Bupati dan berkoordinasi dengan OPD terkait untuk dipedomani serta dilaksanakan bersama. (Tim Dinkominfo/Tim Liputan Prokompim Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...