Seputar Blora

Dinkes dan BBPOM Temukan Makanan Mengandung Bahan Kimia Berbahaya Dijual Bebas di Pasar


Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menemukan makanan mengandung bahan kimia berbahaya yang dijual bebas di Pasar Jepon Blora. Hal itu diketahui setelah dilakukan uji sampel makanan, Senin (3/5/2021).

Sebelum melakukan uji sampel makanan, sejumlah petugas dari Dinkes maupun BBPOM menyisir ke sejumlah kios dan los yang menjual makanan. Mereka memilah satu per satu makanan yang tampilan warnanya mencolok. Kemudian dilakukan pemeriksaan dengan cara menyorot makanan tersebut dengan sinar UV biru, ketika makanan tersebut terdapat gumpalan warna yang berpendar hampir bisa dipastikan mengandung pewarna Rhodamin B. Pewarna ini biasanya digunakan untuk tekstil.

Dalam pemeriksaan ini diambil 21 sampel makanan. Di antaranya kerupuk, teri, trasi, maupun cendol. Dari semua sampel yang telah dikumpulkan, kemudian BBPOM melakukan uji laboratorium. Hasilnya, terdapat empat sampel makanan jenis kerupuk yang mengandung Rhodamin B.

“Kami selanjutnya akan memberikan edukasi kepada masyarakat dan pedagang. Agar makanan yang mengandung Rhodamin tidak dijual lagi,” ujar Kasi Farmasi, Makanan, Minuman, dan Alat Kesehatan pada Dinkes Blora, Siti Mahfullah.

Menurut dia, temuan tersebut tidak lantas membuat para pedagang dijatuhi sanksi. Pihaknya akan membina terlebih dulu sembari memberi tahu bahwa makanan yang dijual mengandung bahan berbahaya.

“Kalau suat saat masih diedarkan, baru ada sanksi,” ucapnya.

Pemeriksaan serupa juga akan dilakukan di beberapa pasar lainnya di Blora. Pihaknya juga masih bekerja sama dengan BBPOM Semarang. Tidak hanya itu, dalam pemeriksaan makanan ini juga melibatkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dindagkop UKM, Satpol PP, dan kepolisian.

“Ini di Pasar Jepon, kedua Pasar Ngawen, ketiga di Pasar Cepu, keempat Pasar Randublatung,” kata dia. (Tim Dinkominfo Kab. Blora/Ft : dok). 

    Berita Terbaru

    Infografis Monitoring Data Covid-19, Jumat 14 Mei 2021
    14 Mei 2021 Jam 13:32:00

    Infografis monitoring data COVID-19 diharapkan menjadi perhatian seluruh warga masyarakat Blora...

    Waspada Penyakit Diare
    14 Mei 2021 Jam 11:02:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Kesehatan Kabupaten (Dinkes) meminta  pada warga...

    Idulfitri 1442 Hijriah, Bupati Sapa Masyarakat dan Perangkat Daerah dengan Open House Virtual
    13 Mei 2021 Jam 21:16:00

    Perayaan Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah merupakan lebaran pertama di masa kepemimpinan H. Arief...