Seputar Blora

Dinkes dan BBPOM Temukan Makanan Mengandung Bahan Kimia Berbahaya Dijual Bebas di Pasar


Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora dan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menemukan makanan mengandung bahan kimia berbahaya yang dijual bebas di Pasar Jepon Blora. Hal itu diketahui setelah dilakukan uji sampel makanan, Senin (3/5/2021).

Sebelum melakukan uji sampel makanan, sejumlah petugas dari Dinkes maupun BBPOM menyisir ke sejumlah kios dan los yang menjual makanan. Mereka memilah satu per satu makanan yang tampilan warnanya mencolok. Kemudian dilakukan pemeriksaan dengan cara menyorot makanan tersebut dengan sinar UV biru, ketika makanan tersebut terdapat gumpalan warna yang berpendar hampir bisa dipastikan mengandung pewarna Rhodamin B. Pewarna ini biasanya digunakan untuk tekstil.

Dalam pemeriksaan ini diambil 21 sampel makanan. Di antaranya kerupuk, teri, trasi, maupun cendol. Dari semua sampel yang telah dikumpulkan, kemudian BBPOM melakukan uji laboratorium. Hasilnya, terdapat empat sampel makanan jenis kerupuk yang mengandung Rhodamin B.

“Kami selanjutnya akan memberikan edukasi kepada masyarakat dan pedagang. Agar makanan yang mengandung Rhodamin tidak dijual lagi,” ujar Kasi Farmasi, Makanan, Minuman, dan Alat Kesehatan pada Dinkes Blora, Siti Mahfullah.

Menurut dia, temuan tersebut tidak lantas membuat para pedagang dijatuhi sanksi. Pihaknya akan membina terlebih dulu sembari memberi tahu bahwa makanan yang dijual mengandung bahan berbahaya.

“Kalau suat saat masih diedarkan, baru ada sanksi,” ucapnya.

Pemeriksaan serupa juga akan dilakukan di beberapa pasar lainnya di Blora. Pihaknya juga masih bekerja sama dengan BBPOM Semarang. Tidak hanya itu, dalam pemeriksaan makanan ini juga melibatkan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dindagkop UKM, Satpol PP, dan kepolisian.

“Ini di Pasar Jepon, kedua Pasar Ngawen, ketiga di Pasar Cepu, keempat Pasar Randublatung,” kata dia. (Tim Dinkominfo Kab. Blora/Ft : dok). 

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...