Seputar Blora

Kesbangpol Blora Gelar Acara Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Ormas IARMI


Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Blora menggelar acara Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila untuk anggota organisasi kemasyarakatan (Ormas) Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI).

Acara dilaksanakan di ruang pertemuan Resto D'joglo, Kecamatan Blora, Selasa (16/3/2021).

Sejumlah narasumber yang menyampaikan materi dihadapan anggota IARMI DPK Blora  dalam acara yaitu Kepala Kesbangpol Blora, Wahyu Jadmiko, S. STP, Kasi Intel Kodim 0721/Blora, Kapten Infanteri Suyadi, dan dari IARMI Ignatius Ary Soesanto, S.Sos, M.Si, yang juga Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi Informatika (Dinkominfo) Blora.

Dalam paparannya Kepala Kesbangpol Blora, Wahyu Jadmiko, S. STP, menyampaikan, pada saat ini perlu kembali mengingatkan pada generasi bangsa dan masyarakat untuk kembali, mempelajari, mengaktualisasikan dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dikarenakan pada kondisi saat ini nilai-nilai Pancasila sudah mulai pudar dan luntur dipahami oleh generasi muda bangsa.

“Di era industri 4.0 atau era globalisasi, tantangan dan permasalahan yang kita hadapi semakin berat dan banyak yang menyebabkan potensi bahaya terkait era digital yang memasuki keidupan kita sehari hari," jelas Wahyu.

Oleh karena itu kekompakan, keharmonisan dan sinergitas anggota IARMI perlu dipupuk dan dikembangkan serta segera berkoordinasi dengan seluruh stakeholder yang ada terkait dengan kondisi dan situasi yang kedepannya akan menjadi tantangan kita bersama.

Di acara yang sama, Ignatius Ary Soesanto, S.Sos, M.Si, menyampaikan, pasca reformasi spirit kebhinekaan ini sudah seharusnya tertanam di setiap tubuh Organisasi Kemasyarakatan dalam berbangsa dan bernegara.

“IARMI sebagai ormas berfungsi memperkuat sumberdaya potensi Alumni Menwa sebagai kader bangsa dan negara, sekaligus sebagai komponen rakyat terlatih dan komponen cadangan nasional dalam kerangka penyempurnaan pengabdian kepada bangsa dan negara," terangnya. 

Hal senada disampaikan Kasi Intel Kodim 0721/Blora, Kapten Infanteri Suyadi.  

Seperti diketahui, IARMI sebagai wadah untuk komunikasi, koordiansi dan silaturahmi bagi alumi resimen mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dan berbagai profesi yang salah satu tujuannya adalah agar bisa mengambil peran dalam berkontribusi membangun negara pada umumnya dan daerah pada khususnya.

IARMI yang pada hakekat dan maknanya merupakan salah satu kekuatan sipil yang berwawasan kebangsaan dan memiliki semangat bela negara yang mampu berkolaborasi dengan aparatur pemerintahan dalam mengemban tugas menjaga 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI.

Kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat dengan menerapkan 5 M, mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, membatasi interaksi dan menghindari kerumunan. (Dinkominfo Kab Blora/Tim).


    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...