Seputar Blora

Stok Blangko KTP Elektronik di Blora Aman, Dokumen KK dan Akte Dikirim File PDF


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Blora menyatakan stok blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik aman untuk memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan warga di wilayah setempat.

Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Dukcapil Blora Dra. Zulis Susilarti, melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Dukcapil Blora Agus Listiyono, S.Sos, M.Si menyampaikan berdasarkan data hingga Jumat (5/3/2021) jumlah stok blangko KTP elektronik yang tersedia sebanyak 8.400 keping.

“Per hari, pada jam kerja kami mencetak sebanyak 250 KTP elektronik. Jadi stok blangko cukup aman,” terangnya, di kantor setempat, Senin (8/3/2021).

Ia menegaskan, penerapan protokol kesehatan COVID-19 masih diberlakukan secara ketat, di antaranya membatasi jarak tempat duduk pemohon yang antri, menyediakan tempat cuci tangan dan setiap pemohon diukur suhu tubuh terlebih dahulu serta wajib pakai masker.

Pemasangan pembatas seperti mika (plastik bening) dan kaca  juga dilakukan di ruang pelayanan untuk mengantisipasi kontak langsung antara petugas dan pemohon dokumen kependudukan.

“Protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat. Pemohon disilahkan antri dan menunggu panggilan melalui pengeras suara,” tambahnya.

Agus Lis juga menyampaikan, pada tahun ini berencana mengantarkan KTP elektronik yang sudah di cetak hingga ke tingkat desa/kelurahan.

“Kita juga merencanakan nanti KTP elektronik yang sudah dicetak diantarkan langsung ke tingkat desa dan kelurahan,” ucapnya.

Selama Ramadan, kata dia, pelayanan dokumen kependudukan tetap buka seperti biasa sesuai dengan aturan jam kerja.

Sementara itu untuk layanan online, bagi pemohon dokomuen kependudukan selain KTP-elektronik dan KIA, pemohon bisa melakukan pencetakan sendiri. Nanti pemohon diberikan syarat-syaratnya, kemudian setelah memenuhi, akan dikirim dokumennya dalam bentuk file PDF dan bisa dicetak sendiri.

“Untuk layanan online, mulai 10 Maret 2021, hasil layanan berupa KK dan Akte dikirim ke alamat pemohon melalui WA atau email dalam bentuk PDF,” terangnya. (Tim Dinkominfo Blora). 

    Berita Terbaru

    Longsoran di Desa Brumbung Mulai Ditangani Secara Kolaborasi
    17 Mei 2024 Jam 16:40:00

    Longsoran tanah di RT 05/RW 1 Desa Brumbung Kecamatan Jepon ditangani secara kolaborsi antara...

    Ketua HMI Cabang Blora : Terapkan Proses Demokrasi Secara Selection, Election, dan Legacy
    17 Mei 2024 Jam 16:39:00

    Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik...

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...