Seputar Blora

ASN Harus Jadi Contoh dan Garda Terdepan Menjalankan Protokol Kesehatan


Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan,Pelatihan dan Pembinaan Pegawai Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Blora, Rustam, SE, MM mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi contoh dan garda terdepan menjalankan protokol kesehatan.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers di media center posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora, Kamis (23/7/2020).

“ASN juga sebagai ujung tombak dalam penanggulangan Covid-19 dan menjadi sosok penebar energi positif,” ucap Rustam.

Untuk itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tanggal 20 Mei 2020 tentang Panduan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19) di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Diharapkan dapat meminimalisir resiko Covid-19 di tempat kerja khususnya perkantoran, dimana terdapat potensi penularan Covid-19, akibat berkumpulnya sejumlah/ banyak orang dalam satu lokasi.

“Tempat kerja sebagai locus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya,” jelasnya.

Dikatakan lebih lanjut, Covid-19 berhasil merubah kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari baik di rumah, sekolah, tempat kerja, di jalan dan dimanapun.

“Kita dibuatnya seakan tak berdaya, karena gerak langkah kita dibatasi dengan adanya Covid-19,” kata dia.

Namun, lanjutnya, hal ini bisa dilakukan kalau kita beradaptasi dengan kebiasaan baru, yaitu disiplin hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kebiasan baru untuk hidup lebih sehat harus terus menerus dilakukan di masyarakat dan setiap individu sehingga menjadi norma sosial dan norma individu baru dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut dia, dengan kondisi Covid-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan mitigasi (tindakan-tindakan untuk mengurangi dampak bencana) untuk dan kesiapan di tempat kerja yang seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi pandemi Covid-19.

Yaitu dengan mejanga jarak aman saat berkomunikasi antar individu, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan dengan air yang mengalir, istirahat yang cukup dan rajin olahraga.

Sementara itu, tamnbahnya, untuk peserta tes CPNS yang telah lulus CAT SKD 2019 sesuai dengan surat edaran menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor B/611/M.S.M.01.00/2020 tanggal 16 Juli 2020 disampaikan jadwal tes SKB sekitar bulan September 2020 sampai dengan Oktober 2020.

“Untuk itu agar selalu melihat website kami, karena untuk penjadwalan, kita rencanakan tetap bergabung dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) bersama enam kabupaten lain yaitu Kudus, Grobogan, Jepara, Kota Solo dan Karanganyar akan dirapatkan penjadwalannya,” terangnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    UDD PMI Blora Kini Punya Gedung Baru Untuk Pusat Pelayanan Kemanusiaan
    16 Mei 2024 Jam 13:44:00

    Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Blora. Ir. Sutikno Slamet menjelaskan sebagaimana...

    Pengurus APTRI Blora Masa Bhakti 2024-2029 Dilantik, Diharapkan Bisa Bersinergi Dengan Pemda Berperan Dalam Program Pergulaan Nasional
    15 Mei 2024 Jam 14:39:00

    Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si mengharapkan Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia...

    Kesepuluh Kali Blora Raih Opini WTP dari BPK
    14 Mei 2024 Jam 17:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora berhasil memperoleh predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)...