Seputar Blora

Bimtek Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial DPK Blora


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora mengikuti bimbingan teknik (Bimtek) transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk kesejahteraan masyarakat.

Kepala Bidang Perpustakaan DPK Blora Nugraheni Wahyu Utami,SP mengatakan Bimtek diselenggarakan secara virtual oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) selama tiga hari mulai Selasa (7/7/2020) sampai dengan Kamis (9/7/2020).

“Penyelenggaranya Perpusnas dengan dibimbing narasumber terkait yang membidangi,” ucapnya di Blora, Rabu (8/7/2020).

Dikatakannya, saat ini perpustakaan dimanfaatkan sebagai pusat belajar masyarakat yang menyediakan informasi dan fasilitas belajar masyarakat telah memiliki peran sangat penting guna mendorong peningkatan literasi masyarakat.

“Dengan demikian, perpustakaan berperan penting dalam menciptakan masyarakat yang mempunyai kemampuan literasi lebih tinggi dan akan mendorong perubahan kualitas hidupnya menjadi lebih baik,” jelasnya.

Kepala Seksi Pembinaan Perpustakaan DPK Blora melalui  Arif Chusaini  SE melalui pustakawan DPK Blora, Mokhammad Farid Rohmawantika,S.Sos mengemukakan harapan dari bimtek transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang dilaksanakan dari Perputakaan Nasional RI ini bagi kabupaten Blora supaya menjadi sebuah pola percepatan, dimana Perpusnas melalui DAK sudah memberikan perhatian bagi masyarakat Blora dengan adanya gedung lima lantai.

Jadi, lanjutnya, dengan adanya pembangunan secara fisik dan pelaksanaan program secara kontinyu sebagai sinergi percepatan untuk mencapai masyarakat sejahtera melalui perpustakaan.

“Maka, alhamdulillah, kita masuk kategori peserta yang menerima bantuan transformasi perpustakaan berbasis inklusi yang dibimbing langsung oleh perpustakaan nasional bersama tim yang terkoodinir oleh pemerintah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Tengah, supaya Blora lebih maju,” terangnya.

Sementara itu Kepala Seksi Layanan Pustaka Dan Informasi Bidang Perpustakaan DPK Blora Priyadi,S.Sos mengungkapkan selain Kabupaten Blora, yang mendapatkan bimtek adalah kabupaten Kudus.

“Yang mendapatkan bimtek dari Perpusnas kabupaten Blora dan Kudus. Dilaksanakan secara virtual, semoga berkah,” kata Priyadi. (Dinkominfo Kab.Blora).



    Berita Terbaru

    1.734 ASN PPPK Pemerintah Kabupaten Blora Formasi Tahun 2023 Dilantik
    29 April 2024 Jam 18:58:00

    Sebanyak 1.734 Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kabupaten Blora (ASN Pemkab Blora) dikumpulkan...

    Sate Khas Blora Disuguhkan di Mangkunegaran Makan-Makan
    29 April 2024 Jam 18:51:00

     Kuliner khas Blora, utamanya sate ayam dan kambing ikut tampil di “Mangkunegaran Makan-Makan”,...

    Ikuti Manasik, 643 Calhaj Blora Akan Berangkat ke Tanah Suci 3 Juni 2024
    27 April 2024 Jam 19:31:00

    Para Calon Haji (Calhaj) Blora mulai ikuti manasik haji, Sabtu (27/4/2024). Jumlah Calhaj Blora...