Seputar Blora

Kepala DPPKB Blora : Tidak Melarang Orang Hamil, Tapi Tunda Kehamilan


Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Blora mengimbau kepada masyarakat sebaiknya menunda kehamilan di masa pandemi Covid-19 dengan tetap mengikuti program Keluarga Berencana (KB).

Kepala DPPKB Kabupaten Blora Ahmad Nur Hidayat, SH, M.Si,MM menyampaikan meningkatnya intensitas hubungan suami istri selama masa pandemi Covid-19 diduga bisa memicu angka kehamilan yang tidak diinginkan (KTD).

“Sebaiknya masyarakat mulai mengatur perencanaan kehamilan. Setiap kehamilan seharusnya direncanakan dan diinginkan. Istilah kami, tidak melarang orang hamil, tapi tunda kehamilan hingga pandemi Covid-19 berakhir,” terangnya, di Blora, Selasa (7/7/2020).

Selama pendemi Covid-19, lanjutnya, diindikasi bahwa Pasangan Usia Subur (PUS) yang memerlukan kontrasepsi tidak bisa mengakses layanan kontrasepsi di fasilitas kesehatan dan menunda ke fasilitas kesehatan selama Covid-19 jika tidak dalam kondisi gawat.

“Karena adanya kekawatiran PUS yang memerlukan kontrasepsi tertular Covid-19,” kata dia.

Meski demikian, penting untuk merencanakan kehamilan dan menentukan jumlah anak dari sejak awal pernikahan melalui program Keluarga Berencana (KB).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, menurut Ahmad Nur Hidayat petugas KB telah menjalin kerjasama dengan klinik, Puskesmas dalam hal edukasi pelayanan KB seperti IUD, Implan, suntik, pil dan kondom.

“Kita membagikan alat kontrasepsi konvensional (kondom), karena alat kontrasepsi jangka panjang dimungkinkan bisa tertunda akibat wabah Covid-19 ini. Kita maklum mungkin lupa atau kawatir tertular Covid-19 jika datang ke fasilitas kesehatan, sehingga kita berikan gratis yang konvensional,” ungkapnya.

Kepada petugas di lapangan, lanjutnya, dilengkapi Alat Pelindung Diri sesuai dengan protokol kesehatan sehingga aman dalam hal pelayanan KB.

“Pada peringatan Harganas 2020 lalu, kita layani lebih kurang 13.335 aseptor secara gratis,” jelasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...