Dinkominfo Blora Ajak Masyarakat Gunakan Aplikasi PeduliLindungi


Blora - Kepala Dinas Komunukasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi menyampaikan dalam rangka untuk melindungi diri dan upaya memutus mata rantai persebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah meluncurkan Aplikasi PeduliLindungi.

“Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk penelusuran (tracing), pelacakan (tracking) dan pemberian peringatan (warning and fencing) penyebaran Covid-19,” terang Kepala Dinkominfo Blora dalam konferensi pers di media center Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora, Rabu (27/5/2020).

Menurutnya, dari pantauan masih belum banyak yang menggunakannya, sehingga kepada warga masyarakat bisa mengunduh aplikasi itu melalui App Store dan Play Store telepon genggam (handphone) android karena telah dilengkapi dengan sejumlah konten seperti pemeriksaan mandiri sehingga bisa periksa dan konsultasi mandiri secara online.

“Di versi 2.1 yang baru saja dirilis ditambahkan tombol Periksa Diri di bagian bawah. Ketika ditekan, kita akan dihantar ke bagian Teledokter. Di sini kita bisa melakukan pemeriksaan dini dan konsultasi kesehatan online secara mandiri,” jelasnya.

Untuk konsultasi dokter, tersedia opsi Prixa dan BPPT. Jika masing-masing ditekan, akan disodorkan sejumlah pertanyaan terkait kondisi yang tengah dirasakan.

Jika berada di Zona Merah, aplikasi ini memberikan sejumlah anjuran yang perlu dilakukan.

“Aplikasi itu hanya berlaku untuk keadaan darurat wabah Covid-19 sampai dengan pemerintah menyatakan keadaan kondusif dan keadaan darurat diakhiri. Setelah itu semua data yang ada di aplikasi akan dihapus atau dimusnahkan,” jelasnya.

Pihaknya mengajak semua Aparatur Sipil Negara, TNI, Polri dan masyarakat di kabupaten Blora untuk menjadi pengguna Aplikasi PeduliLindungi.

“Karena semakin banyak yang menggunakan aplikasi itu, upaya untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19 akan makin cepat dan efektif. Aplikasi ini sangat secure dari phising dan malware.” tandasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, bahwa kebijakan pemerintah terkait peluncuran aplikasi itu tertuang dalam keputusan Menkominfo nomor 171 tahun 2020 tentang penetapan Aplikasi PeduliLindungi dalam rangka pelaksanan survei lans kesehatan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kemudian, tertuang dalam Surat Edaran Menpen RB Nomor 50 tahun 2020 tentang perubahan kedua atas Surat Edaran Menpan RB Nomor 19 tahun 2020 tentan penyesuaian kerja ASN dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah.

“Kami juga mengajak semua warga masyarakat untuk tetap menaati imbauan pemerintah sesuai dengan protokol kesehatan yang telah dianjurkan,” ucapnya.

Tetap berada di dalam rumah, jaga jarak, hindari kerumunan, biasakan cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir.

“Kalaupun berada di luar rumah supaya menggunakan masker,” ajaknya.

Selain itu, lanjut Kadinkominfo, masyarakat supaya lebih bijak dalam menerima atau menyebarkan informasi melalui media sosial.

“Jangan mudah terprovokasi dengan adanya pemberitaan yang diduga hoaks. Cek dulu kebenarannya sebelum ikut menyebarluaskan. Biasakan saring sebelum sharing,” pintanya.

Diungkapkannya, penyebaran Covid-19 yang merebak telah mengedukasi masyarakat untuk menggunakan teknologi internet sebagai ganti komunikasi tatap muka.

“Termasuk, di wilayah pelosok yang saat ini sudah mulai menggunakan teknologi internet di masa wabah virus ini. Oleh karena itu gunakan teknologi dengan bijak dan santun,” ajaknya.

Berikut cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi dari download, daftar, hingga mengajak keluarga dan teman untuk bergabung dengan aplikasi :

Buka Play Store lalu search "PeduliLindungi" atau klik tautan ini untuk memulai download.

Setelah proses download dan instal selesai buka aplikasi itu.

Di laman awal PeduliLindungi ketuk menu "JADI PARTISIPAN" Masukkan nomor ponsel dan nama lengkap lalu ketuk "KIRIM OTP"
Masukkan kode OTP yang dikirim via SMS lalu ketuk "VERIFIKASI"

PeduliLindungi lalu akan meminta persetujuan akses bluetooth, ponsel, dan lokasi (GPS).

Beri akses itu lalu ketuk "MENUJU BERANDA"

Di laman beranda, ketuk ikon share untuk mengajak teman dan keluarga berpartisipasi. Tautan download akan dikirimkan ke mereka via SMS, WhatsApp, Twitter, atau email.

PeduliLindungi juga punya opsi hemat baterai via mode Power Saving.

Pastikan aplikasi PeduliLindungi selalu dalam keadaan terbuka agar aplikasi terus berfungsi. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Blora Memiliki Potensi Bagus Cabang Olahraga Taekwondo
    07 Juli 2020 Jam 17:38:00

    Ketua pengurus provinsi Taekwondo Indonesia Jawa Tengah, Alex Harjanto menilai atlet di...

    KONI Demak Studi Banding ke KONI Blora
    07 Juli 2020 Jam 14:07:00

    Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Demak melakukan studi banding ke...

    Perkembangan Covid-19, Selasa 7 Juli 2020 : Positif 64, Sembuh 27
    07 Juli 2020 Jam 11:37:00

    Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blora menginformasikan update...