Seni dan Budaya

Pemenang Lomba Foto Emansipasi Wanita Blora Terima Hadiah dan Penghargaan


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada sejumlah peserta yang telah dinyatakan sebagai pemenang oleh tim juri pada lomba foto Hari Kartini 2020 dengan tema Emansipasi Wanita Blora. Acara berlangsung singkat di kantor Dinkominfo Kabupaten Blora, Selasa (28/4/2020).

Pihaknya mengapresiasi bahwa lomba foto yang diselenggarakan telah menarik banyak peminat dan peserta. Hal itu terbukti lebih dari 500 karya foto yang diunggah melalui akun instagram dengan tema Emansipasi Wanita Blora.

“Tujuan dari lomba itu adalah menyemarakkan peringatan Hari Kartini 2020 di Kabupaten Blora dan menggali kreativitas komunitas atau penggemar fotografi yang ada di kabupaten ini,” ujarnya.

Selanjutnya, sebagai wujud gambaran masyarakat Blora yang selalu yakin dalam kemajuan pembangunan dan pelayanan publik di kabupaten Blora.

Menurut Kepala Dinkonmifo, karya foto yang dikirimkan peserta hampir semua memenuhi tema yang ditentukan dan aspek seni fotografi. Akan tetapi keputusan pemenang ada pada tim juri yang sudah berpengalaman di bidang fotografi.

“Saya ucapkan selamat kepada para pemenang. Semoga bisa makin maju dan terus berkarya. Bagi yang belum menang, jangan menyerah, tetap semangat dan menggali ide bagusnya,” ucap Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora.

Berikut daftar pemenang lomba foto Dinkominfo Kabupaten Blora :

JUARA 1
Nama : Kebyar Kristiani Putri Surgawi
Alamat : Jl. Relban I no 4A, Kedungjenar, Kec. Blora, Kab. Blora

JUARA 2
Nama : Titis Larasati
Alamat: DK. Ngawen RT 02 / RW 07 Desa Tambaksari Kecamatan Blora Kabupaten Blora.

JUARA 3
Nama : Ulvi Nur Rohmawati
Alamat : Desa Kamolan RT.03/RW.03 Kec. Blora Kab. Blora

HARAPAN 1
Nama : Farian Adi Pratama
Alamat : Dk. Manggir, Ds. Ngumbul, Kec. Todanan, Kab. Blora RT 02 RW 01.

HARAPAN 2
Nama : Aida Ghina Husnul Khotimah
Alamat : Ds. Jepangrejo RT 01/ RW 02, Kec. Blora, Kab. Blora.

HARAPAN 3
Nama: Iwan Susetyo
Alamat: Jl. Camar 5 No 16 Perumnas Karangjati Blora.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Ignatius Ary Susanto,S.Sos, M.Si menyampaikan, periode lomba mulai 15 Maret 2020 sampai dengan 15 April 2020. Kemudian penjurian 15-19 April 2020.  Pengumuman 10 besar 17-19 April 2020 dan pengumuman pemenang 20 April 2020.

Syarat dan ketentuan lomba wajib follow @dinkominfoblora_. Tag atau tandai karya foto di akun instagram @dinkominfoblora_. Hastag wajib #lombafotodinkominfo #kartiniblora

“Hingga penutupan pengumpulan foto ada 553 karya foto yang diterima panitia.Ini menunjukkan respon yang bagus dari masyarakat yang gemar fotografi dengan tema yang telah ditentukan,” jelasnya.

Dijelaksan, ketentuan lainnya yaitu karya foto tidak lebih dari dua tahun terakhir. Bisa menggunakan kamera HP/DSLR dan belum pernah ikut dilombakan.

Karya foto dinilai oleh juri yang berkompeten di bidang fotografi.

“Obyek Foto di wilayah Kabupaten Blora dengan mencantumkan judul dan lokasi. Menonjolkan potensi dan kearifan lokal," jelasnya.

Peserta boleh mengirimkan maksimal 5 Foto. Pemenang 10 besar wajib mingirimkan Foto via email ke dinkominfo.blora@gmail.com.
Adapun hadiah berupa uang pembinaan dan piagam penghargaan. Yaitu Juara I Rp2.500.000. Juara II Rp2.000.000. Juara III Rp1.500.000. Juara Harapan I Rp1.000.000. Juara Harapan II Rp750.000. Juara Harapan III Rp500.000.

“Pajak ditanggung oleh pemenang atau penerima hadiah. Hadiah diserahkan melalui rekening bank masing-masing pemenang, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Media Dalam dan Luar Ruangan (Medal) Dinkominfo Blora, Dijan Wahjudi, SH menjelaskan, peserta lomba diperbolehkan olah digital sebatas digital dasar (sharping, cropping, color balance, dodge/burn, saturasi) tanpa mengubah obyek foto.

“Apabila terjadi permasalahan hukum terhadap foto yang dilombakan menjadi tanggung jawab peserta,” tambahnya.

Dirinya menyadari meskipun saat ini dalam situasi waspada persebaran Covid-19 namun kenyataannya tidak mengurangi semangat peserta yang ikut lomba.

"Hal itu karena karya foto dua tahun sebelumnya bisa diikutkan lomba. Atau obyek foto bisa diambil atau diabadikan di lingkungan rumah," kata dia. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Stasiun Kereta Api Kapuan Diharapkan Aktif Kembali
    12 Agustus 2020 Jam 15:34:00

    Pembangunan Bandara Ngloram di Kecamatan Cepu yang berdekatan dengan jalur rel kereta api...

    Pemkab Blora Dukung Kerjasama Pengamanan dan Pengendalian Karhutla
    12 Agustus 2020 Jam 14:50:00

    Bupati Blora H. Djoko Nugroho bersama jajaran Forkopimda menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor)...

    Pejabat Kajari Blora Yang Baru Silaturahmi Bersama Forkopimda
    12 Agustus 2020 Jam 12:10:00

    Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Blora per 11 Agustus 2020 mengalami pergantian pejabat....