Seputar Blora

Peringati HPSN 2020, DLH Blora Bersihkan Sampah


Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020 diperingati Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Blora dengan kegiatan sisir sampah dengan menyasar tempat pembuangan sampah liar atau ilegal yang ada di wilayah Kota Blora, Jumat (21/2/2020).

Sejak pagi, sekitar pukul 06.00 WIB ratusan petugas kebersihan bersama seluruh karyawan menyebar dan memonitoring keberadaan sampah. Salah satu titik yang menjadi sasaran adalah tempat pembuangan sampah di utara Jembatan Pakis (perempatan Bangkle ke selatan 400 meter).

Disini banyak dijumpai tumpukan sampah yang berserakan. Petugas langsung membersihkan dan mengangkut sampah menggunakan truk menuju TPA Temurejo.

Kepala DLH Blora, Ir. Dewi Tedjowati, melalui sekretaris DLH, Jasmadi, SE, mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih sampah ini selain untuk memperingati HPSN 2020 juga untuk mengajak masyarakat cinta kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Selain di utara Jembatan Pakis, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di kawasan Lapangan Krisodono, serta beberapa titik pembuangan sampah lainnya. Sedangkan di Cepu juga dilaksanakan gerakan pungut sampah di kawasan Taman Seribu Lampu,” ucap Jasmadi.

Adapun pembersihan sampah di Lapangan Kridosono dilakukan bersama dengan jajaran Cabang Dinas Kehutanan Wilayah I DLHK Provinsi Jawa Tengah. Para petugas berhasil mengumpulkan sampah organik sebanyak 16 kg dan sampah anorganik sebanyak 67,5 kg.

“Kami minta agar masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan. Dimulai dari hal yang paling mudah yakni tidak membuang sampah sembarangan. Tanamkan kebiasaan ini sejak dini pada anak-anak,” kata Jasmadi.

Kedepan, pihaknya juga akan mengembangkan Bank Sampah untuk masyarakat perkotaan dan pedesaan agar pengelolaan sampah bisa berjalan baik.

“Selain lingkungan bersih, juga bisa mendorong kreativitas masyarakat,” pungkasnya.  (Dinkominfo Kab. Blora).


    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...