Seputar Blora

Bhabinkamtibmas Dikerahkan Sosialisasi Sensus Penduduk Online 2020


Kapolsek Tunjungan, Polres Blora, AKP Budiyono, SH menyatakan dukungan dan siap mempublikasikan kepada masyarakat pelaksanaan dan pentingnya mengikuti Sensus Penduduk (SP) 2020.

Hal itu mengemuka ketika menghadiri rapat koordinasi sensus tingkat kecamatan yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Blora bersama Forkopimcam di pendopo kantor kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Rabu (19/2/2020).

“Tentunya kami akan dukung penuh kegiatan ini, dan akan kami kerahkan Bhabimkamtibmas untuk selalu jalin sinergi dengan pihak terkait dalam sosialisasi sensus penduduk onlinedi wilayah binaan," kata AKP Budiyono, SH.

Selain itu, sebagai warga negara Indonesia, pihaknya juga mengajak kepada anggota Polisi di wilayah setempat dan keluarga untuk mengikuti Sensus Penduduk 2020.

Pada kesempatan itu, Camat Tunjungan Dwi Bambang Priyono mengapresiasi kegitan yang diadakan oleh BPS.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh BPS ini, semoga Sensus Penduduk 2020 berjalan baik," ucap Camat Tunjungan.

Camat Tunjungan berharap kepada peserta rapat koordinasi bisa mengikuti kegiatan dengan baik mulai dari awal sampai akhir.

“Bila ada hal yang tidak dimengerti harap ditanyakan kepada nara sumber,” kata Camat Tunjungan.

Adapun tata cara pengisian SP2020 Online. Pertama, masuk ke situs sensus.bps.go.id menggunakan perangkat telepon genggam, komputer, maupun tablet yang terhubung dengan jaringan internet.

Kemudian pilih Bahasa dan masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK) dengan lengkap lalu masukkan kode yang muncul di bawah No. KK dan klik ‘Cek Keberadaan’. Setelah berhasil buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan.

Lalu klik ‘Buat Password’ untuk pengamanan data yang sudah dicatatkan pada SP Online.

Selanjutnya masukkan kata sandi yang sudah dibuat tadi lalu klik ‘Masuk’. Setelah berhasil masuk, bacalah panduan awal pengisian SP Online.

Setelah dibaca klik ‘Mulai Mengisi’ dan selanjutnya ikutilah pentunjuk serta jawablah seluruh pertanyaan dengan jujur dan benar. Seletah semua terjawab, pastikan status data setiap anggota keluarga ’Sudah Update’.

Lalu klik ‘Kirim’ kemudian unduh bukti pengisian dan selesai pengisian SP2020. Informasi kependudukan Anda sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia.

Periode SP Online dimulai pada 15 Februari - 31 Maret 2020 dan bagi penduduk yang belum mengikuti SP Online akan didatangi petugas sensus untuk melakukan SP Wawancara dengan menggunakan HP/Tablet atau kuesioner kertas selama bulan Juli 2020 mendatang. (Dinkominfo Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...