Seputar Blora

Cek Keberadaan NIK dan Nomor KK Sebelum Berpartisipasi di Sensus Penduduk Online


Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora mengimbau warga masyarakat agar mengetahui dan mengecek Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) ada dalam database untuk memastikan bisa berpartisipasi di Sensus Penduduk (SP) 2020 Online.

Kepala BPS Blora, Drs. Heru Prasetyo mengemukakan sehubungan dengan pelaksanaan Sensus Penduduk Online mulai tanggal 15 Februari - 31 Maret 2020 yang menggunakan data dasar administrasi penduduk (adminduk) yang sudah terkonsolidasi nasional per Juni 2019 maka partisipasi publik sangat ditentukan oleh keberadaan penduduk di data adminduk.

Namun demikian konsolidasi nasional tidak berarti bahwa semua data di bawah Juni 2019 sudah berada di database, karena periode konsolidasi untuk masing-masing daerah bisa berbeda.

“Untuk itu penting sekali mengetahui apakah NIK dan Nomor KK kita ada di dalam database untuk memastikan bisa berpartisipasi di Sensus Penduduk Online 2020,” kata Kepala BPS Blora, Drs. Heru Prasetyo, di Blora, Jumat (7/2/2020).

Dijelaskannya, Badan Pusat Statistik menyediakan fasilitas cek keberadaan melalui laman sensus.bps.go.id/cek yang dapat dimanfaatkan untuk memeriksa terlebih dahulu keberadaan seseorang di dalam database.

“Ini akan menentukan apakah yang bersangkutan dapat berpartisipasi di Sensus Penduduk Online atau tidak,” jelasnya.

Karena laman cek NIK menjadi bagian dari alur Sensus Penduduk Online, maka laman sensus.bps.go.id/cek akan dinonaktifkan pada tanggal 14 Februari 2020.

Jika keberadaan NIK dan Nomor KK ditemukan berarti bisa mengisi Sensus Penduduk Online mulai 15 Februari - 31 Maret 2020. Jika tidak ditemukan, maka bersiaplah didatangi petugas Sensus Penduduk pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020.

“Informasi ini mohon bisa disebarluasakan kepada seluruh sahabat, rekan kerja, lingkungan komunitas, lingkungan keluarga, tetangga, dan seluruh kontak atau group medsos,” ujarnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    KPU Blora Resmi Tetapkan Perolehan Kursi Parpol dan Caleg Terpilih Pemilu 2024
    03 Mei 2024 Jam 06:21:00

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora resmi menetapkan perolehan kursi partai-partai...

    Berbusana Adat Jawa Tengah, Bupati Blora Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas 2024
    02 Mei 2024 Jam 20:06:00

    Bupati Blora Arief Rohman memimpin upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024...

    Kesempatan Bagi ASN Isi Jabatan Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Amerta Blora
    02 Mei 2024 Jam 15:35:00

    Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi...