Dukung Penyebarluasan Informasi Sensus Penduduk 2020


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora siap mendukung sosialisasi dan penyebarluasan informasi Sensus Penduduk (SP) 2020 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) secara serentak.

Hal itu mengemuka ketika Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs Sugiyono, M.Si didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Ignatius Ary Soesanto, S.Sos dan Kepala Bidang Statistik Persandian dan Telekomunikasi (SPT) Budi Tjahyono, SH serta sejumlah Kepala Seksi ketika melaksanakan silaturahmi ke kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Blora, Rabu (5/2/2020).

Kedatangannya diterima langsung oleh Kepala BPS Blora, Drs. Heru Prasetyo didampingi sejumlah pejabat dan pegawai BPS di ruang kerja setempat.

“Untuk suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk tahun 2020 di Kabupaten Blora, Dinas Komunikasi dan Informatika mendukung sepenuhnya, oleh karena itu kami melaksanakan silaturahmi dan koordinasi dengan BPS Blora,” kata Kepala Dinkominfo Kab. Blora, Drs. Sugiyono, M.Si.

Menurutnya, Dinkominfo Kabupaten Blora telah siap mensosialisasikan dan menginformasikan Sensus Penduduk 2020 lewat penyebaran informasi di antaranya di media sosial seperti instagram, twitter, facebook, website. Kemudian melalui radio, baliho dan mobil keliling.

“Dengan demikian antara Pemerintah Kabupaten Blora dengan BPS saling mendukung," katanya

Kepala BPS Blora, Drs Heru Prasetyo menyampaikan melalui penyebarluasan informasi mengenai penyelenggaraan Sensus Penduduk 2020 agar bisa diketahui oleh seluruh masyarakat Kabupaten Blora sehingga mendapatkan respon positif berperan serta bersedia untuk melakukan dalam upaya menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Dalam waktu dekat, kami segera melakukan pembekalan kepada petugas sensus serta melakukan apel siaga,” jelasnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora berharap bisa memperoleh impact  (dampak) yang kuat dari seluruh masyarakat mengenai data statistik di Kabupaten Blora menuju sumber daya manusia yang unggul.

“Kami imbau ASN berpartsisipasi aktif menyukseskan Sensus Penduduk (SP) Online yang akan dilaksanakan 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020,” kata Drs. Heru Prasetyo.

Menurutnya, partisipasi aktif ASN menjadi salah satu indikator suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online.

“Selain itu juga sudah disosialisasikan kepada generasi milenial, bahwa bisa melakukan Sensus Penduduk 2020 secara mandiri melalui situs sensus.bps.go.id. Basis utama sensus adalah Nomor Indonesia KTP, dan Kartu Keluarga,” terangnya.

Berikutnya, melalui situs ini akan ada evaluasi berkala Sensus Penduduk Online. Akses ke situs ini bisa menggunakan smartphone, tablet, ataupun komputer.

“Nanti ada lebih kurang 21 pertanyaan yang bisa diisi secara mandiri. Sampai saat ini kami masih melakukan sosialisasi dan publisistik SP online,” katanya.

Selanjutnya, menurut Kepala BPS Blora, mulai 1 Juli 2020 akan dilakukan Sensus Penduduk yaitu dengan melakukan wawancara langsung dan BPS akan melakukan verifikasi ulang data, verifikasi ulang ke lapangan, dan terakhir pencacahan lapangan.

“Tujuan prosedur ini adalah untuk menambah akurasi data dengan informasi terkini. Kami berharap, warga masyarakat itu menjadi bangga dengan data yang dimiliki,” terangnya.

BPS Blora, kata Drs. Heru Prasetyo, akan melakukan agenda kegiatan berskala besar dengan menggelar rapat koordinasi tingkat kabupaten dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, BUMD.

Kemudian rapat koordinasi bersama dengan kecamatan dan organisasi wanita seperti PKK dan Dharma Wanita. Selanjutnya rapat koordinasi tingkat desa/kelurahan.

Dikatakannya, sosialisasi Sensus Penduduk 2020 intens dilaksanakan untuk Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia.

“Satu Data Kependudukan ini sangat penting,” tandasnya.

Sementara itu Direktur Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagak Rimang, Kasiyanto, SE mengatakan, pihaknya merespon cepat hasil silaturahmi dengan membuat pesan layanan publik (spot radio) berkaitan informasi pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

“Kami langsung siapkan materi dan langsung direkam kemudian diudarakan melalui radio pada pancaran gelombang 105,9 FM. Harapannya semakin bisa diakses oleh masyarakat luas sehingga Sensus Penduduk 2020 bisa berhasil sesuai target,” jelasnya (Dinkominfo Kab. Blora). 

    Berita Terbaru

    Kendaraan Prajurit dan ASN Kodim 0721/Blora Diperiksa Subdenpom IV/3-1
    17 Februari 2020 Jam 10:54:00

    Jajaran Subdenpom IV/3-1 Blora melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) apel pemeriksaan kendaraan...

    Humas Polres Blora Siaran Radio Sampaikan Pesan Kamtibmas
    17 Februari 2020 Jam 09:44:00

    Humas Polres Blora Polda Jawa Tengah mengimbau warga agar waspada terhadap hoaks. Imbauan itu...

    Dinas Kominfo Blora Pindah Kantor Sementara
    17 Februari 2020 Jam 04:49:00

    Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Jawa Tengah Sugiyono mulai...