Seputar Blora

Dibekali Pendidikan FMD, Peserta Diklat Kerja di BLK Blora Harus Disiplin


Peserta pendidikan dan pelatihan (diklat) kerja berbasis kompetensi di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinnaker) Kabupaten Blora, Jawa Tengah dibekali dengan pendidikan fisik, mental dan disiplin (FMD).

Hal itu tampak setiap apel pagi bagi peserta pelatihan di halaman BLK Blora. Pendidikan fisik, mental dan disiplin dipandu oleh instruktur dari TNI Kodim 0721 Blora.

Tidak hanya saat apel, namun hingga soft skill juga harus ada materi semangat dan jiwa nasionalisme untuk menangkal paham radikalisme yang diduga bisa masuk dalam lembaga dan pelatihan yang digelar.

Kepala UPT BLK Dinperinaker Blora Dra. Amik Kristanti membenarkan bahwa peserta pendidikan dan pelatihan kerja yang telah lolos seleksi dibekali dengan pendidikan fisik, mental dan disiplin.

“Benar, pendidikan dan pelatihan wajib dimasukkan jiwa dan semangat nasionalisme. Tidak hanya yel-yel, mulai dari apel pagi hingga soft skill juga harus ada materi nasionalisme,” katanya, di Blora (8/10/2019).

Semua itu dilakukan, kata Amik, untuk mendidik kedisiplinan dan semangat nasionalisme bagi peserta pelatihan kerja.

Oleh instruktur TNI dari Kodim 0721 Blora, peserta dibekali materi seperti pelatihan penghormatan, tata cara apel, dan berpakaian yang rapi serta olah raga.

Untuk tahap tahun V tahun 2019, lanjutnya, dibuka lima kelas mulai 7 Oktober 2019, yaitu rias pengantin, tata boga, menjahit, teknik otomotif dan las.

“Hanya saja waktu pelatihan berbeda, masing-masing kelas dipandu oleh instruktur yang membidangi dan telah bersertifikat,” ujarnya.

Dijelaskanya, waktu penyelenggaraan untuk kelas menjahit selama 35 hari, tata boga 20 hari, teknik mesin otomotif 30 hari dan teknik las 35 hari. Jumlah peserta, lanjutnya, sebanyak 80 orang. Masing-masing kelas 16 peserta dengan anggaran dari APBN.

Pihaknya berharap agar waktu pelatihan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya dan ditekuni oleh peserta. Kalau tidak tahu silahkan bertanya kepada para instruktur.

Sementara itu, Serda Supriyanto, mengatakan, peserta diklat di BLK Blora diajak untuk bersikap disiplin. Sebab dengan disiplin akan menjadi modal dasar berkarya untuk meraih sukses.

“Saya minta semua harus disiplin. Berpakaian yang rapi, memahami tata cara apel dan bagi yang pria agar cukur rambut biar rapi,” katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...