Seni dan Budaya

Seni Barongan Blora Ikut Meriahkan Festival Lima Gunung


Kesenian Barongan Blora tampil di acara Festival Lima Gunung (FLG) ke 18 di Padepokan Tjipta Boedaja Desa Tutup Ngisor, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Paguyuban Barongan Mustika Amarta dari Keluarga Mahasiswa Blora (Kamaba) Yogyakarta tampil memukau di arena pertunjukan, Jumat (5/7/2019).

“Alhamdulillah kami dapat diberikan kesempatan oleh panitia dan sedulur dari padepokan Tjipta Boedaja untuk mengisi di Festival Lima Gunung ke 18,” kata Aan, koordinator Paguyuban Barongan Mustika Amarta.

Dikatakannya, penampilan seni barongan Blora merupakan sebuah kebanggan baginya yang masih berlatih dan belajar budaya karena dapat melakukan di event besar ini.

Penonton antusias bahkan sebagian dari penonton ikut bersuara bersama dengan wira swara Mustika Amarta.

“Penampilan dari Barongan Blora sangat bagus, kostum yang dibawakan simpel tapi sangat berkesan. Penari kuda lumpingnya juga energik dan cantik,” ujar Gatot salah seorang penonton FLG 18.

Ketua Umum Kamaba Yogyakarta Nike Nurjannah mengemukakan dapat mempersembahkan kebudayaan dan kesenian dari daerah asal di sebuah event besar seperti ini menjadi pengalaman yang sangat berkesan baginya.

“Sebagai mahasiswa dengan tujuan belajar tetapi tidak melupakan kebudayaan itu keren sekali. Semoga ini dapat di laksanakan juga oleh saudara-saudara kami yang juga mahasiswa di tanah rantau untuk ikut mempromosikan dan melestarikan kebudayaan Blora,” katanya.

Festival Lima Gunung berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 5 Juli 2019 sampai dengan tanggal 7 Juli 2019.
Festival Lima Gunung merupakan agenda tahunan yang digagas kelompok kesenian di lereng 5 gunung (Merapi, Menoreh, Sumbing, Andong, dan Merbabu) di sekitar Magelang, Jawa Tengah.

Komunitas Lima Gunung, FLG merupakan kegiatan mandiri, murni dari sumber daya masyarakat desa tersebut. Panitia tidak memungut biaya tiket masuk kepada para penonton. Pertunjukan dapat dinikmati secara gratis.

FLG tahun ini akan dimeriahkan oleh lebih dari 50 penampilan kesenian dari berbagai penjuru Nusantara. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...