Seputar Blora

Raih Juara Sempoa Nasional, Talenta Bercita-Cita Jadi Dokter


Talenta Kartika Putri (11), SDN 1 Kunden, Kecamatan B lora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah berhasil meraih juara ke-3, Lomba Sempoa Nasional Tahun 2019 yang di selenggarakan oleh Sempoa SIP Indonesia, di Hallroom PO Hotel Semarang, Sabtu, (22/6/2019).

Prestasinya, tidak hanya membawa nama Kabupaten Blora, tetapi juga membuat bangga Bripka Arip Nirwanto (anggota Humas Polres Bloa) dan Mei Sri Rahayu. Selain itu membawa nama Jawa Tengah dalam lomba tingkat nasional.

“Saya bercita-cita ingin jadi dokter,” kata Talenta Kartika Putri yang kini naik kelas VI SDN 1 Kunden, di Blora, Senin (24/6/2019).

Ia mengikuti les sempoa mulai tahun 2018 atas dukungan ke dua orang tuanya. Talenta senang dan berterimakasih kepada kedua orang tuanya yang selalu mensupport hingga bisa meraih juara tingkat nasional.

"Juara ini aku berikan buat keluarga, meski belum bisa juara 1, tapi saya senang bisa naik podium dan bisa juara nasional. Ini pengalaman yang luar biasa, saya juga ingin terus belajar agar banyak juara lain lagi yang bisa diraih,” katanya.

Sementara itu, Bripka Arip Nirwanto, mengatakan awal perjalanan hingga sampai tingkat nasional ini melalui Seleksi ketat dari tingkat Provinsi. Hasil seleksi tersebut akhirnya Talenta berhasil mendapat jatah satu tempat untuk mengikuti Level Nasional yang di ikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia.

"Awalnya ya tidak menyangka bisa lolos seleksi dan meraih juara tiga nasional," kata Arip.

Kategori lomba, lanjutnya, meliputi 5 Level sesuai tingkatan masing-masing. Yakni meliputi Level Junior, Foundation, Intermediate, Advanced serta level Graduate. Kategori tersebut di kelompokan berdasarkan Usia dan Level Materi sesuai kelas masing-masing.

"Setelah melalui perjuangan yang berat, akhirnya Talenta Kartika Putri dinobatkan sSebagai Juara 3 Nasional Best Of The Best Kelas Intermediate1 New," ujarnya.

Dikatakannya, tidak ada pesiapan khusus menghadapi lomba dari keluarga, namun dari guru les yang terus memberikan ujian dan soal soal latihan sebelum lomba.

"Persiapan khusus tidak ada, intinya adalah dukungan dan perhatian kepada anak, anak minat sekolah sempoa saya dukung. Sejak kecil saya biasakan memberi perhatian dan kasih sayang kepada anak anak,” katanya.

Sesibuk apapun, lanjutnya, masih disempatkan waktu untuk anak, menanyakan tentang pelajaran di sekolah.

“Jadi anak merasa diperhatikan, harus bisa mengatur waktu dinas dan keluarga,” kata Arip.

Dalam lomba sempoa tingkat nisonal, juara 1 berhasil diraih dari perwakilan Jabodetabek, juara 2 diperoleh dari perwakilan Sumatra Utara - Aceh dan juara 3 diperoleh Talenta Kartika Putri perwakilan dari Jawa Tengah.

Sempoa SIP adalah Sekolah Sempoa kurikulum internasional di Indonesia yang telah berafiliasi dengan Organisasi Sempoa Internasional di China, Taiwan, Jepang, dan Amerika Serikat. Bahkan banyak anak didik Sempoa SIP yang berprestasi di Kompetisi Level Internasional dan mendapatkan prestasi. (Dinkomoinfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...