Seni dan Budaya

Dinkominfo Sukses Gelar Pertunjukan Seni Kethoprak di Desa Patalan


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora sukses menggelar pertunjukan seni kethoprak di desa Patalan, Kecamatan Blora, Jumat (29/3/2019) malam.

Pertunjukan seni kethoprak digelar dalam rangka sosialisasi ketentuan di bidang cukai tembakau (DBHCHT) 2019 dirangkaikan dengan sosialisasi stunting bagi warga masyarakat desa Patalan.

Kepala Desa Patalan, Nariyana, mengucapkan terimakasih kepada Dinkominfo Kabupaten Blora yang berkenan mengedukasi warga desa di wilayahnya, terutama terkait mencegah stunting.

“Para petani di desa Patalan saat ini lagi panen padi musim tanam pertama. Kami harapkan dengan hasil yang melimpah bisa menjadi berkah untuk mencukupi gizi keluarga sehingga tidak terjadi stunting. Kami atas nama pemerinah desa Patalan mengucapkan terimakasih atas pertunjukan ini dari Dinkominfo Blora,” kata Nariyana, Kades Patalan.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Sugiyono mengatakan sosialisasi bersinergi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora dan Forum Komunukasi Media Tradisional (FK Metra).

“Tujuannya menyampaikan pesan publik terkait ketentuan bagi warga pengguna produk tembakau dan menyampaikan informasi kepada warga masyarakat tentang stunting. Mengenai stunting akan dijelaskan dalam pertunjukan seni kethoprak,” jelasnya.

Adapun pagelaran padat seni kethoprak dengan lakon Pedut Pandan Alas ditampilkan oleh seniman kethoprak yang tergabung dalam group seni Malio Budaya.

“Dalam lakon nanti antara lain dikisahkan ada keluarga yang mempunyai anak yang tidak tumbuh sebagaimna mestinya atau menderita stunting. Namun oleh pasangan suami istri itu, malah berobat ke dukun. Untuk jalan ceritanya, mari diikuti bersama,” ujarnya.

Disampaikannya, melalui sosialisasi yang disampaikan, warga masyarakat diharapkan juga memahami dan menyadari terkait legalitas cukai tembakau. Sehingga benar-benar harus diperhatikan dan teliti sebelum memanfaatkan produk berbahan tembakau yang ditengarai ilegal.

Pada kesempatan yang sama ketua FK Metra Blora Mei Nariyono menyampaikan, pihaknya akan terus mengembangkan diri.

“Sehingga dapat mendiseminasikan informasi kepada masyarakat. Bilamana perlu menyerap informasi juga dari masyarakat,” katanya.

Pertunjukan dimulai setelah secara simbolis Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si didampingi Ketua FK Metra Blora Mei Nariyono dan Kades Patalan Nariyana menyerahkan keris kepada salah seorang pemain seni kethoprak.

Ketika pertunjukan dimulai, ratusan warga Patalan dan sekitarnya antusias menyaksikan pertunjukan. Sejumlah penjual makanan dan minuman ikut mengais rejeki di area pertunjukan yang digelar di halaman kantor kepala desa Patalan.

“Kami perlu hiburan, ini mumpung ada seni kethoprak, ya nonton bersama keluarga,” kata Mulyono, warga desa Patalan.

Hadir pada acara Forkopimca Blora, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Blora, tokoh masyarakat dan perangkat desa Patalan. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Peringati Hari Pramuka ke-59, Kwarcab Blora Gelar Upacara Renungan dan Ulang Janji
    13 Agustus 2020 Jam 19:05:00

    Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Praja Muda Karana (Pramuka) Kabupaten Blora upacara renungan...

    5 Sekolah Dipilih Jadi Pilot Project Pembelajaran Tatap Muka
    13 Agustus 2020 Jam 12:56:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pendidikan, pada hari Kamis (13/8/2020) melaksanakan...

    Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Blora Juara II Lomba Tingkat Provinsi Jawa Tengah
    13 Agustus 2020 Jam 12:30:00

    Pustakawan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora meraih juara II lomba...