Berita Terkini

Mendorong Perkembangan dan Kemandirian Gerakan Pramuka


Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Blora H. Arief Rohman, M.Si mengatakan melalui Pesta Siaga dan Hari Baden Powel ke 162 dapat mendorong perkembangan dan kemandirian Gerakan Pramuka, khususnya Pramuka Siaga untuk mempercepat keberhasilan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal, lebih baik dan beriman pada masa yang akan datang.

“Pada kesempatan yang berbahagia ini saya menyampaikan ucapan selamat Hari Baden Powel ke 162,” kata Ketua Kwarcab Arief Rohman dalam sambutan pembukaan pesta siaga tingkat kabupaten Blora di SMKN 1 Jati, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora, Jumat (22/2/2019).

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Blora yanga sekaligus sebagai Yanda pramuka siaga mengajak semua pihak untuk mensukseskan kegiatan pertemuan pramuka sehari atau Pesta Siaga tingkat kwartir cabang Blora tahun 2019.

“Kegiatan yang mengusung tema gembira, kreatif dan bersahabat pada tahun ini mempunyai makna yang sangat luar biasa. Sebuah tema yang tidak jauh dengan dunia adik-adik yang sangat menggembirakan,” katanya.

Dikatakan lebih lanjut, kegiatan tidak hanya berhenti sampai disini, melainkan masih ada kegiatan tingkat Binwil Pati dan tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah.

“Kepada kakak pendamping dan pembina saya berpesan, tanamkan jiwa adik-adik peserta bahwa ini adalah kompetisi yang menyenangkan bukan menegangkan, junjung tinggi nilai-nilai luhur yang tertanam Dwi Darma Pramuka, ada darma yang mampu mencetak kaum muda berkarakter,” ujarnya.

Ketua kwarcab Gerakan Pramuka Blora juga berpesan kepada dewa juri agar berdiri sebagai panutan dan teladan yang bisa dikenang.

Apaya yang sudah Kakak berikan merupakan hasil terbaik dan menjadi jalan mudah kepada adik-adik untuk menuju masa depan.

“Dan kepada adik-adik peserta, jadikanlah kompetisi ini menjadi wahana untuk menambah wawasan, menambah ilmu dan menambah kawan. Harus semangat supaya mampu berpartisipasi dalam kegiatan ini. Menjadi kaum muda berkarakter yang cakap, inovasi dab kreatif,” jelasnya.

Pesta Siaga kali ini agak berbeda dari tahun sebelumnya. Pada awal kedatangan rombongan kwartir cabang, kamabicab dan kwartir ranting disambut dengan iringan drum band dan dikawal sejumlah prajurit mengenakan busana keprajuritan Jawa dengan membawa tombak.

Ketika tiba di depan pintu gerbang masuk SMKN 1 Jati, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Blora beserta rombongan disambut oleh cucuk lampah (penunjuk jalan) dengan mengenakan pakaian adat Jawa. Kemudian sesampai di lapangan sekolah setempat, Ketua Kwarcab Blora dikalungi rangkaian bunga oleh siswa putri berbusana Jawa.

Pentas seni yang ditampilkan memukau peserta. Di antaranya seni barongan dan tari gambyong. Selain itu Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Blora H. Arief Rohman, Dandim 0721 Blora Letkol Ali Mahmudi dan Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto berkesempatan memberi pertanyaan kepada para peserta. Bagi yang bisa menjawab, diberi hadiah.

Ketika pertanyaan disampaikan, sontak puluhan para peserta yag terdiri anak-anak berebut tunjuk jari dan berlari menuju ke arah Dandim, Kapolres dan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Blora yang juga Wakil Bupati Blora.

Suasan makin seru dan riuh. Namun hanya satu peserta yang jawabannya benar, yang mendapat hadiah.

Beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh Dandim dan Kapolres di antaranya apa lambang negara, siapa pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya dan sila-sila dari Pancasila.

Sedangkan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Blora H. Arief Rohman mengajak peserta untuk lomba yel-yel.

Pembukaan pesta siaga ditandai dengan pelepasan balon udara dan burung merpati. Di sela-sela acara diserahkan batuan sembako dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Blora kepada puluhan warga di wilayah setempat.

Kemudian penanaman sejumlah bibit pohon di lingkungan sekolah setempat oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Blora H. Arief Rohman, Dandim 0721 Blora Letkol Ali Mahmudi dan Kapolres Blora AKBP Antonius Anang Tri Kuswindarto serta unsur forkopimca Jati.

Subandi, salah seorang panitia acara penyelenggara mengemukakan kegiatan berlangsung sehari dengan 11 macam lomba di antaranya permainan besar, PBB, tali dan kompas, keimanan dan ketaqwaan, taman budaya, taman yel dan bumbung kemanusiaan.

“Pesertanya dari masing-masing kwartir ranting putra dan putri. Bagi yang juara akan ikut lomba ke tingkat Binwil Pati, Rencananya bulan Maret 2019, namun waktunya belum ditentukan,” jelasnya.

Pembukaan pesta siaga dihadiri Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Blora, Slamet Pamuji, SH, M.Hum, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, Forkopimca Jati, Kepala Desa se kecamatan Jati, Darma Wanita Persatuan, PKK, Persit dan Bhayangkari. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...