Seni dan Budaya

Dinkominfo Akan Wayangan di Desa Jurangjero


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora, Jawa Tengah, akan menggelar pertunjukan seni wayang kulit di Desa Jurangjero, Kecamatan Bogorejo. Pertunjukan wayang kulit digelar dalam rangka sosialisasi pembangunan dan memberi hiburan kepada warga masyarakat desa setempat dan sekitarnya.

Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora, Drs. Sugiyono, M.Si mengemukakan di wilayah desa Jurangjero pada tahun ini juga berlangsung program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-104 oleh Kodim 0721/Blora.

“Sehingga ini menjadi momen yang tepat untuk sosialisasi pembangunan dan menyampaikan aneka informasi serta pesan publik kepada warga masyarakat di desa Jurangjero,” katanya, di Blora, Kamis (21/2/2019).

Menurut rencana, pertunjukan wayang kulit yang dialokasikan anggarannya melalui APBD Kabupaten Blora Tahun 2019 akan digelar hari Selasa (26/2/2019) malam.

“Kami sudah melakukan survei ke lokasi untuk panggung pertunjukan. Diupayakan di tempat yang cukup nyaman karena musim hujan,” katanya.

Adapun dalang yang akan ditampilkan pada pertunjukan, menurut Sugiyono, adalah salah satu dalang anggota Pepadi Blora yang sudah cukup dikenal.

“Untuk lakon masih kami koordinasikan lagi. Ditunggu saja siapa dalang yang akan tampil. Kegiatan ini juga sekaligus melestarikan seni tradisi,” katanya.

Dipilihnya wayang kulit, lanjutnya, karena dinilai efektif sebagai media untuk penyampaian informasi dan hiburan.

“Wayang kulit tidak sekadar tontonan, melainkan juga tuntunan. Terlebih lagi di wilayah desa Jurangjero ini sedang berlangsung TMMD Reguler, sehingga menjadikan sinergitas antara Dinkominfo, TNI dan rakyat,” katanya.

Pihaknya mendukung pelaksanaan TMMD dengan menyampaikan informasi kegiatan selama TMMD berlangsung, baik melalui sosial media dan website resmi pemerintah.

“Kami siap mempublish informasi berkaitan dengan kegiatan selama TMMD berlangsung. Hal ini sudah kami lakukan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Jurangjero Juwartik, menyambut dengan senang hati akan digelarnya pertunjukan wayang kulit di wilayahnya.

“Sangat senang sekali, ada pertunjukan wayang kulit. Semoga ini menjadi semangat bagi warga desa Jurangjero supaya lebih sejahtera dan melestarikan seni tradisi, didukung Kominfo dan TNI melalui program TMMD,” katanya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...