Seputar Blora

Expo Perguruan Tinggi 2019 di GOR Blora


Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) Kabupaten Blora, Jawa Tengah bersama puluhan Perguruan Tinggi (PT) Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Jakarta menggelar Expo Perguruan Tinggi 2019. Acara digelar sehari di GOR Mustika Blora, Senin (14/1/2019).

Ketua Panitia kegiatan Djainul Arifin Slamet mengatakan kegiatan Expo PT 2019 bertujuan memberi informasi dan wawasan tetang studi lanjut di Perguruan Tinggi khususnya bagi peserta didik kelas XII.

Kemudian, meningkatkan kerjasama, kepedulian, dan tanggung jawab antar lembaga pendidikan terhadap karier peserta didik.
Selanjutnya meningkatkan keterserapan tenaga kerja di dunia usaha dan dunia industri.

“Sasaran kegiatan yakni peserta didik kelas XII SMA, SMK, dan MA Negeri maupun swasta se Kabupaten Blora. Kemudian orang tua/wali peserta didik dan masyarakat umum/alumni,” ujarnya.

Jumlah peserta sebanyak 56 PT dari Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur dan Jakarta. Selain PTS ada sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) yang mahasiswanya ikut meramaikan di luar pintu masuk GOR Mustika.

“Kegiatan ini mengambil tema, Kenali Potensi Diri Wujudkan Sejuta Mimpi,” jelasnya.

Kegiatan itu dibuka oleh Kepala Seksi SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Grobogan, Sugiharto mewakili Kepala Cabang Dindik Wilayah IV Grobogan, Sugiyanto.

“Kami sampaikan bahwa Perguruan Tinggi Negeri tidak akan mampu menampung jumlah kelulusan tanpa peran dari Peruguruan Tinggi Swasta. Oleh karena itu kami harapkan anak-anak memanfaatkan kegiatan ini, silahkan menggali informasi supaya punya pilihan,” katanya.

Sugiharto mendukung terselenggaranya kegiatan itu. Bahkan secara pribadi ia menyampaikan bahwa putranya juga kuliah di perguruan tinggi swasta.

“Terkait biaya. Antara PTN dan PTS tidak beda jauh, bahkan ada yang sama,” ujarnya.

Pembukaan Expo PT 2019 ditandai dengan pengguntingan pita dan mendapat respon yang antusias dari ratusan siswa yang mengunjungi.

Beberapa mahasiswa di 56 stand nampak membagikan brosur, kalender dan melayani pelajar untuk konsultasi.

“Ini kesempatan bagi saya untuk mencari informasi langsung,” kata Putri, salah seorang pelajar SMKN 1 Blora. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...