Seputar Blora

Operasi Zebra Candi 2018 Minimalisir Pelanggaran dan Kecelakaan Lalu Lintas


Kepolisian Negara Republik Indonesia menggelar Operasi Zebra tahun 2018 termasuk Kepolisian Derah Jawa Tengah Resor Blora. Agenda itu diawali dengan melaksanakan apel Apel Gelar Pasukan Operasi terpusat dengan sandi “Zebra Candi 2018” dilapangan apel Mapolres Blora, Selasa (30/10/2018).

Apel Gelar Pasukan dipimpin langsung oleh Kapolres Blora AKBP Saptono, S.I.K, M.H dengan dihadiri oleh Bupati Blora H. Djoko Nugroho, Dandim 0721 Letkol Inf. Rizadly Themba, Dan Yon 410 Alugoro Letkol Inf. Irvan C. Tarigan, Kajari Blora, Kepala Dinrumkimhub Kab. Blora serta tamu undangan lainnya.

Pada apel gelar pasukan itu, Kapolres Blora menyematkan pita putih biru kepada perwakilan personil TNI, POLRI dan Dinas Perhubungan sebagai bentuk kesiapan Operasi Zebra Candi 2018 dalam mengoptimalkan dan meminimalisir angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Kakorlantas Polri Irjen Pol. Refdi Andri, M.Si dalam sambutan yang dibacakan Kapolres Blora AKBP Saptono mengemukakan apel gelar pasukan ini merupakan bentuk kesiapan personil maupun sarana pendukung lainnya untuk mengoptimalkan pelaksanaan tugas operasi zebra 2018.

Selain itu, operasi ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan lalu lintas. Menyikapi permasalahan tersebut memang diperlukan sinergitas antar seluruh stakeholder yang merupakan tanggung jawab bersama dalam membina dan memilihara Kamseltibcar Lantas.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengawali pelaksanaan Ops Zebra Candi 2018 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 30 Oktober hingga 12 November 2018 diseluruh Indonesia. Diharapkan mampu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sehingga hasil yang diinginkan dapat tercapai," terang Kapolres Blora.

Dikatakan lebih lanjut, ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi Zebra candi 2018 ini, diantaranya pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus.

Kemudian, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang tidak menggunakan helm, pengemudi mabuk/menggunakan narkoba, pengemudi berkendara dengan kecepatan lebih.

Kapolres juga mengingatkan seluruh personil yang terlibat Operasi Zebra agar melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh tanggungjawab, serta tetap menjaga kesehatan dan keselamatan dalam bertugas. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Tebar Keberkahan Ramadan, PWI dan LazisMU Berbagi Ratusan Bungkus Takjil
    29 Maret 2024 Jam 20:39:00

    Ratusan bungkus takjil dibagikan kepada masyarakat oleh Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah...

    Jurnalis Diajak Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas Agar Tetap Aman dan Kondusif di Blora
    29 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, mengajak jurnalis bersinergi untuk menjaga...

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...