Bimtek Tahap III Gerakan Menuju 100 Smart City


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap III Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Blora.

Bimtek berlangsung selama dua hari, Rabu, (26/9) hingga Kamis, (27/9) di ruang pertemuan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si saat membuka Bimtek Tahap III, antara lain menyampaikan bahwa bimtek III berlangsung sebagai lanjutan dari kegiatan bimtek I dan II untuk menghasilkan masterplan buku III.

“Jadi, Bimtek pertama, menyusun kerangka dari Smart City, kemudian dijabarkan pula pada Bimtek ke II. Pada Bimtek ke II mulai menyusun dan membahas Smart City Kabupaten Blora dengan terintegrasinya teknologi informasi dalam dunia komunikasi dan informasi. Maka dalam kegiatan Bimtek ke III, tentu semakin memantapkan kerangka penyusunan, tujuan dan arah dari Smart City,” kata Sugiyono, Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora, Kamis (27/9).

Dikatakan lebih lanjut, nara sumber yang dihadirkan dari yakni Ivan Syahreza Kepala Seksi Data dan Informasi Layanan Aplikasi Informatika Kemaritiman dan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Subdirektorat Layanan Aplikasi Informatika Kemaritiman dan Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Layanan Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Ivan Syahreza, menyampaikan tujuan program pendampingan Smart City antara lain untuk menciptakan integrasi, sinkronisasi dan sinergi antara perencanaan pengembangan Smart City di tingkat pusat dan daerah.

Adapun sasarannya antara lain tersusunnya dokumen panduan penyusunan Masterplan Smart City yang komprehenshif dan aplikatif.

“Sehingga dalam bimtek III ini kami minta bisa diikuti dengan sungguh-sungguh. Tidak perlu merasa tertinggal dengan wilayah lain,” ujarnya.

Di tempat yang sama, pembimbing teknik DR. Rini Rachmawati, S.SI, MT dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta mengemukakan sasaran Bimtek III masterplan smart city adalah pemaparan dan review buku II masterplan Smart City dan analisa gap aplikasi e-Gov Daerah.

Kemudian, rencana pengembangan integrasi aplikasi e-Gov daerah (smart gov), Koordinasi program Quick Wins dan koordinasi penyelesaian buku II dan penyelesaian buku III.

Seperti bimtek I dan II. Bimtek III diikuti oleh peserta yang telah ditunjuk sebagai penyukses Smart City di Kabupaten Blora. Melibatkan Organisasi Peangkat Daerah , BUMN dan BUMD. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Ratusan Anak Ikuti Gebyar PAUD 2019 Kecamatan Bogorejo
    16 Juni 2019 Jam 12:33:00

    Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) dan Himpunan Pendidik Anak Usia Dini Indonesia...

    Kemenag Blora Gelar Pemantapan Karu dan Karom Jemaah Calon Haji 2019
    15 Juni 2019 Jam 11:14:00

    Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, HM...

    Pecahkan Rekor MURI, Forkopimda Blora Jadi Pembaca Berita Menggunakan Bahasa Daerah
    14 Juni 2019 Jam 14:55:00

    Blora - Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Gagakrimang Blora memfasilitasi take rekaman...