Seputar Blora

Ciptakan Kamtibmas Jelang Pemilu 2019


Kapolres Blora AKBP Saptono,S.I.K.,M.H memimpin rapat lintas sektoral pengamanan Pemilu 2019. Rapat dilaksanakan di aula Arya Guna mapolres setempat setelah dilaksanakan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata Candi 2018.

"Kita semua harus bersinergi baik dari Polri, TNI, KPU, Bawaslu, Partai Politik dan juga seluruh elemen masyarakat untuk menjaga situasi yang kondusif selama pelaksanaan Pemilu 2019 di Kabupaten Blora,” kata Kapolres Blora AKBP Saptono.

Pentingnya netralitas penyelenggara Pemilu, dan peran aktif MUI dan FKUB dalam mengantisipasi isu SARA, menurut Kapolres, merupakan langkah awal kelancaran selama tahapan Pemilu 2019 nanti.

Kapolres menyebutkan bahwa seperti Pilkada Jateng 2018 yang berjalan aman dan kondusif di wilayah Blora adalah hasil dari kerja sama semua elemen masyarakat Blora.

"Polri sebagai aparat penjaga keamanan tentunya mengharap peran serta dari semua instansi dan juga seluruh elemen masyarakat dalam terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif,” jelasnya.

Kesuksesan penyelenggaraan Pilpres dan Pileg 2019, lanjut Kapolres, merupakan tanggung jawab bersama sehingga dapat mengulang terciptanya pemilu 2019 yang aman, damai, dan sejuk, seperti Pilkada Jateng.

Ikrar Netralitas Pemilu damai 2019 digaungkan bersama oleh TNI, POLRI dan ASN. Inti dari ikrar netralitas tersebut bahwa TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara dan penyelenggara Pemilu 2019 di Kabupaten Blora bersikap Netral dalam pelaksanaan Pemilu.

Di tempat yang sama, Dandim 0721 Letkol Inf. Rizadly Themba, menjelaskan bahwa rapat lintas sektoral adalah sarana awal persamaan visi dan misi dalam menciptakan situasi yang aman selama pelaksanaan Pemilu 2019.

"Kita sepakati bahwa rapat ini adalah tempat menyamakan persepsi dan menyamakan visi dan misi dalam pelaksanaan Pemilu yang aman dan kondusif,” ucap Dandim.

TNI dalam hal ini Kodim 0721, kata Dandim, siap membantu Polres Blora dengan bersinergi bersama instansi terkait untuk menciptakan Pemilu yang aman dan kondusif. .

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dan penyampaian informasi dari Kepala Kesbangpol Kabupaten Blora. Kemudian paparan dari Kabag Ops Polres Blora. Berikutnya adalah paparan dari ketua KPU beserta Ketua Bawaslu Blora.

Rapat dihadiri Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Rizadly Themba, Danyon 410/Alugoro Letkol Inf. Cristian Tarigan, Ketua KPU, Bawaslu dan Kesbangpol. Peserta Rakor Lintas sectoral dari Partai Politik, FKUB, para Kasatgas Operasi, Kapolsek jajaran Polres Blora, perwakilan anggota KPU, Bawaslu dan perwakilan Ormas se-Kabupaten Blora. (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...