Berita Terkini

Dalang Remaja Alif Kriwul Meriahkan Cerita dari Blora


Dalang remaja Wishme Salman Abdillah alias Alif Kriwul memeriahkan perjalanan platform Indonesiana 2018 pada closing ceremony festival budaya Cerita dari Blora.

Alif melakonkan wayang setelah menerima tokoh wayang Gatotkaca dari Bupati Blora Djoko Nugroho di panggung pagelaran Alun-Alun Utara Blora, Jawa Tengah, Sabtu (15/9/2018).

"Ini adalah dalang muda Blora. Selamat menyaksikan," ucap Bupati Djoko Nugroho.

Bupati Blora Djoko Nugroho dalam sambutan singkatnya, antara lain menyatakan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memberi kesempatn kerja sama pemajuan seni budaya di Kabupaten Blora.

"Kepada Kemendikbud, kami atas nama pemkab Blora mengucapkan terimakasih. Saya berharap, penyelenggaraan di tahun mendatang agar lebih baik," ujar Bupati Djoko Nugroho.

Dalam rangkaian acara, Bupati juga menyerahkan piagam/sertifikat penghargaan kepada sejumlah tokoh yang dinilai berperan dalam pemajuan seni budaya Blora.

Mereka adalah Pramugi tokoh samin asal dukuh Blimbing Sambongrejo, Kecamatan Sambong yang telah berjasa dalam hal pengairan untuk pertanian warga setempat.

Yanuri Sutrisno seniman kentrung asal desa Sendanggayam, Kec. Banjarejo sebagi pelaku dan penerus kesenian kentrung.

Kemudian, Soesilo Toer yang berjasa mengedukasi sastra kepada pelajar dan generasi muda.

Sarwi, pesinden wayang krucil yang berjasa mengabdikan diri pada olah vokal mengiringi wayang krucil.
Didik Adi Wibowo, seniman barongan Blora yang dinilai inovatif mengemas barongan Blora lebih menarik.

Selanjutnya, Margono seorang pramugari tayub yang diniliai telah melakukan inovasi kostum/busana bagi pembawa acara seni tayub.

Pertunjukan wayang Alif Kriwul, menyajikan lakon Lahirnya Gatotkaca dengan hiburan pelawak lokal Jolang dengan iringan kelompok seni karawitan dan sejumlah waranggana/pesinden.

Ada juga penampilan penari tayub di sela-sela acara pertunjukan wayang kulit.

Di adegan goro-goro, Bupati Blora Djoko Nugroho berkesempatan naik ke atas panggung dan bersuka ria bersama pelawak Jolang dan pesinden kecil.

Bahkan Ketua DPRD Jateng M Chamim Irfani juga ikut naik ke panggung hiburan setelah diminta oleh Bupati Djoko Nugroho."

Penutupan platform Indonesiana Cerita dari Blora berlangsung mulai Rabu (12/9) hingga Sabtu (15/9) diawali dengan penampilan musikalisasi puisi oleh pelajar SMPN 2 Blora. Kemudian penampilan tari kreasi gones nenes.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) melaporkan seluruh rangkaian penyelenggaraan acara di hadapan Bupati, Forkopimda, Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, pimpinan Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) terkait dan ribuan warga masyarakat Blora yang menonton.

Sementaran itu, Heru Hikayat, perwakilan dari Kemendikbud antara lain mengatakan akan terus mengawal dan mendampingi platform Indonesiana di Blora hingga tiga tahun mendatang.

Menurutnya, Pramoedya Ananta Toer menginspirasi dan memberi ruang untuk mewujudkan Blora sebagai kota sastra. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...