Bimtek Tahap II Gerakan Menuju 100 Smart City


Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tahap II Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Bimtek berlangsung selama dua hari, Kamis, (23/8/2018) hingga Jumat, (24/8/2018) di ruang pertemuan kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Blora.

Bimtek dibuka Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE, MSi mewakili Bupati Blora Djoko Nugroho.

Dalam sambutannya, antara lain disampaikan Sekda Blora Komang Gede Irawadi, SE,M.Si, program Smart City bisa membuat Blora menjadi lebih pintar dan cerdas.

"Dengan program Smart City, diharapkan Blora menjadi lebih cerdas dan pintar. Khususnya bagi Aparatur Sipil Negara dalam hal memberikan pelayanan," kata Sekda Blora.

Ia menambahkan, Smart City tidak hanya teknologi saja. Tetapi bisa non teknologi, misalnya smart ekonomi, smart branding dan smart village.

"Melalui Bimtek tahap ke II, harapannya, semua memiliki peran untuk smart city," tandasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si mengemukakan sebelumnya telah menyelenggarakan Sosialisasi dan Forum Group Discussion (FGD) Smart City Kabupaten Blora dan menyelenggarakan Bimtek Tahap I di tempat yang sama.

“Setelah Sosialisasi dan Forum Group Discussion (FGD) Smart City dan Bimbingan Teknik Tahap I dilanjutkan Bimtek Tahap II,” kata Kepala Dinkominfo Drs Sugiyono, M.Si

Dikatakan lebih lanjut, nara sumber yang dihadirkan dari yakni Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) yang diwakili Febrina Theresia. Sedangkan pembimbing teknik Dr. Rini Rachmawati, S.SI, MT dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Masih menurut Kepala Dinkominfo Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, MSi, peserta Bimtek Tahap II Gerakan Menuju 100 Smart City Kabupaten Blora di antaranya Dewan Smart City, Tim Pelaksana dan OPD se Kabupaten Blora.

Lebih lanjut disampaikan, salah satu persyaratan kabupaten terpilih dan digerakkan menjadi 100 Smart City oleh Kemenkominfo RI, harus mengikuti bimtek, terbentuk Dewan Smart City dan pelaksanaannya di kabupaten.

“Dan ini semua sudah dipenuhi oleh Kabupaten Blora. Sampai saat dari 50 kabupaten/kota yang tahun 2018 terpilih menjadi kota yang digerakkan menuju Smart City dan menjalankan bimtek tahap pertama dan kedua,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Blora Djoko Nugroho menerima tim pendamping Smart City dan Kompas Gramedia Group di rumah dinas, Jumat (24/8/2018). Bupati Djoko Nugroho antara lain menyampaikan letak geografis dan potensi wilayah Kabupaten Blora.

Selain itu Bupati menyambut dan mendukung program “Gerakan Menuju 100 Smart City 2018” yang akan didokumentasikan dalam sebuah buku dan diterbitkan di akhir tahun 2018 oleh Kompas Gramedia Group yang diberi kepercayaan oleh Kemenkominfo RI.

“Jadi saya mendukung, agar Blora ini menjadi lebih baik,” tandasnya.

Audiensi didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora Drs. Sugiyono, M.Si.

Pada kesempatan tersebut bupati memberikan 10 jilid Ensiklopedi Blora sebagai bahan referensi. (Dinkominfo Kab.Blora).

    Berita Terbaru

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...