Berita Terkini

Sekda Komang Gede Irawadi, SE,M.Si : Wartawan Profesi Mulia


Sekretaris Daerah (Sekda ) Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Komang Gede Irawadi, SE, M.Si mengatakan bahwa wartawan adalah profesi yang mulia. Demikian hal itu disampaikan pada rapat koordinasi Sekda Kab. Blora dengan puluhan wartawan dari media cetak, elektronik, televisi dan online yang bertugas di wilayah kabupaten setempat.

“Wartawan itu profesi mulia. Mampu menggiring opini masyarakat menjadi lebih baik. Sehingga, melalui kesempatan ini, kami berharap dibantu memberikan informasi yang positif kepada masyarakat,” kata Komang Gede Irawadi, Rabu (18/7/2018).

Masih menurut Sekda Blora, wartawan diharapkan mampu memberikan manfaat yang positif pada pembangunan di Kabupaten Blora.

“Saya menghargai profesi jurnalis. Kalau ada masalah tertentu atau informasi yang negatif, kami harapkan bisa dikoordinasikan atau dikonfirmasi terlebih dulu dengan kami,” ujarnya.

Pemerintah, menurut Komang Gede Irawadi, banyak memberikan reward prestasi sehingga medorong semangat untuk bekerja lebih baik.

“Melalui informasi dan kerja sama dengan wartawan, tentu saja mendorong kami bekerja lebih baik untuk meraih prestasi. Sehingga, mari membangun komunikasi yang baik. Saling menghargai profesi,” jelasnya.

Rapat koordinasi difasilitasi bagian Humas dan Protokol Setda Blora di ruang pertemuan setempat.

Pada kesempatan itu, sejumlah wartawan menyampaikan usulan antara lain tentang tambahan anggaran pembinaan dari APDB. Selain itu disampaikan saran pertemuan secara rutin melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Blora.

“Saya berharap ada pertemuan rutin. Kemudian untuk anggaran ditambah,” kata Roy Kurniadi salah seorang wartawan media cetak di Blora.

Sedangkan Yudha, salah seorang wartawan media cetak lainnya menyampaikan bahwa seiring kebebasan pers, maka ia akan tetap berimbang menyampaikan informasi dalam memposisikan fungsi kontrol melalui media.

“Artinya, kalau informasinya positif, ya kami sampaikan positif. Demikian sebaliknya, kalau negatif ya kami sampaikan negatif,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Sekda Blora sependapat dan menyampaikan langsung kepada Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora Hariyanto, SIP, MSi.

Di tempat yang sama Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Blora Hariyanto, SIP, MSi mengamini usulan sejumlah wartawan yang disampaikan oleh Sekda Blora.

“Kami sependapat, dan akan kami tindak lanjuti. Sedangkan, pertemuan kita sepakati setiap tri wulan sekali,” ucap Hariyanto.

Ia menyampaikan, beberapa tahun ini uang pembinaan yang setiap bulan diterimakan kepada wartawan sebesar Rp150.000,00. Itu, belum dipotong pajak.

Sementara itu Kasubbag Analisa Media Bagian Humas dan Protokol Setda Blora Bayu Himawan,ST, MM menjelaskan di salah satu kabupaten yang pernah dikunjungi, tidak mengalokasikan anggaran kepada wartawan.

“Salah satu kabupaten yang pernah kami kunjungi, bagian Humasnya tidak mengalokasikan anggaran kepada wartawan. Kalau ada kegiatan dan acara cukup menggandeng sejumlah wartawan saja,” jelasnya.

Berbeda di Blora, menurut dia, cukup akomodatif dengan pers.

“Artinya, komunikasi yang bagus tetap terjaga bersama wartawan,” ujarnya.  (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...

    Pemkab Blora Gelar Musrenbang RPJPD 2025-2045 dan RKPD 2025
    28 Maret 2024 Jam 13:39:00

    Pemerintah Kabupaten Blora menggelar Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Rencana...

    Tunjangan Hari Raya 2024 Pegawai ASN Pemkab Blora Capai Rp46,3 Miliar
    28 Maret 2024 Jam 09:42:00

    Kepala Badan Pengelolaan, Pendapatan Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Blora, Slamet Pamudji...