Seputar Blora

Bentuk Mental dan Kepribadian Pelajar Melalui Penyuluhan P4GN


Satuan Narkoba Polres Blora, Polda Jateng mengadakan penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada peserta didik baru di SMA Negeri 1 Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.

Kegiatan itu dilaksanakan dalam agenda Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Penyuluhan dipimpin oleh Kasat Narkoba AKP Suparlan beserta anggotanya, Selasa (17/7/2018).

"Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama sekolah dengan Polres Blora. Adapun tujuan kami adalah memberikan wawasan serta penyuluhan terhadap bahaya penyalahgunaan dan peredaran Narkoba bagi generasi muda khususnya bagi siswa-siswi baru kelas 10 SMA N 1 Tunjungan Blora,” kata AKP Suparlan.

Dalam paparanya Kasat narkoba menerangkan tentang grafik tindak pidana Narkoba di Kabupaten Blora dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018.

Ia menjelaskan pengertian tentang Narkoba jenis psikotropika dan bahan adiktif lainya, serta pengenalan jenis2 narkoba dan dampaknya bagi kesehatan tubuh manusia.

Selain itu dijelaskan penerapan pasal-pasal tentang tindak pidana narkoba agar para siswa dan orang tua mengetahui sanksi pidana jika terjerumus dalam narkoba.

ALP Suparlan juga memaparkan upaya rehabilitasi medis dan sosial bagi pecandu narkoba di Kabupaten Blora serta tips menghidarkan diri dari Narkoba.

"Dengan penyuluhan P4GN Kami mencoba berikan wawasan pada pelajar sebagai salah satu saran untuk pembentukan mental kepribadian agar terhindar pergaulan yang salah, apa lagi sampai menggunakan narkoba,” ucap Kasat Narkoba.

Peserta nampak antusias mengikuti penyuluhan. Kegiatan seperti ini adalah salah satu dari program promoter Kapolri bahwa Polri adalah penggerak revolusi mental di ruang publik.

"Dengan pendekatan sejak dini diharapkan dapat membentuk mental dan kepribadian yang baik dari para generasi muda,” tandasnya.

Penyuluhan dihadiri oleh peserta didik baru kelas 10 beserta orang tua/wali murid berjumlah 450 orang.

Kepala SMAN 1 Tunjungan Drs. Bambang Julianto,M.Pd. mengatakan, MPLS adalah sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran baru guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.

"Mengawali hari pertama masuk sekolah, kami berikan bekal pembinaan selain dari intern sekolah, juga dari instansi lain, salah satunya dari Kepolisian,” kata Kepala Sekolah SMA N 1 Tunjungan, Drs. Bambang Julianto,M.Pd. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan Studi Tiru Penanganan ATS di Blora
    19 April 2024 Jam 16:58:00

    Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blora Sunaryo, S.Pd.,M.Si, menjelaskan Sistem Informasi...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda) Periode 2024 - 2026
    18 April 2024 Jam 17:41:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Direksi PT. Blora Patra Energi (Perseroda)...

    Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa Jabatan 2024 - 2028
    18 April 2024 Jam 17:09:00

    Pengumuman  Hasil Seleksi Administrasi Calon Dewan Pengawas Perumda Blora Wira Usaha Masa...