Seni dan Budaya

Sosialisasi Penyebarluasan Informasi Lewat Pagelaran Seni Barongan di Desa Nglanjuk


Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Blora intens menyelenggarakan sosialisasi penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah lewat pagelaran seni barongan. Kali ini dilaksanakan di desa Nglanjuk, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (12/7/2018) malam.

Grup seni barong Selo Ganthi pimpinan Gacuk dari Kelurahan Tegalgunung, Kecamatan Blora kembali ditampilkan dan memukau ratusan warga dengan mengemas penyampaian program dan hasil-hasil pembangunan Pemkab Blora di wilayah setempat dengan menampilkan cerita Raden Panji dan Dewi Sekartaji. Acara diawali sambutan Kepala Desa Nglanjuk, Wiji.

“Acara ini dipersembahkan oleh Dinkominfo Kabupaten Blora. Untuk penyampaian program dan hasil-hasil pembangunan Pemkab Blora. Termasuk di desa Nglanjuk. Kami sampaikan bahwa pemerintah desa Nglanjuk akan membangun gedung olah raga, mohon doa restunya,” kata Wiji, Kades Nglanjuk.

Sehingga, kata Wiji, melalui acara ini diharapkan bisa menambah wawasan tentang penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah serta menjadi hiburan yang menarik bagi warga masyarakat.

Di tempat yang sama Kasi Trantib Kecamatan Cepu Sumarsono mewakili Camat Cepu Djoko Sulistiyono mengapresiasi kerja sama antara pemerintah kecamatan, desa dan Dinkominfo Kabupaten Blora.

“Kami mengapresiasi bagus terselenggaranya acara dan kerja sama yang tidak hanya sebagai hiburan tetapi sebagai penyebarluasan informasi penyelenggaraan pemerintah daerah. Salah satunya yang perlu diketahui adalah pembangunan Lapter Ngloram pembangunan taman dan trotoar jalan serta capaian pembangunan lainnya,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan kepada warga masyarakat setempat yang telah menjaga situasi yang aman dan kondusif setelah berlangsungnya pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah.

“Kami atas nama pemerintah kecamatan Cepu mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat pada saat Pilgub Jateng yang telah selesai dilaksanakan dalam situasi aman dan nyaman. Pada pelaksanaan pemilihan selanjutnya, kami minta situasi yang aman dan kondusif ini dipertahankan. Beda pilihan tetap bersaudara,” tandasnya.

Sebelum acara pertunjukan dimulai ditandai dengan penyerahan topeng Bujang Ganong oleh Kepala Seksi Radio Televisi Film dan Pers (RTFP) Dinkominfo Samedi Joko Waspodo mewakili Kepala Dinkominfo Drs. Sugiyono, MS, kepada Gacuk, pimpinan group seni barong Selo Ganthi.

Penyerahan topeng didampingi unsur Forkopimca Cepu dan Kades Nglanjuk disaksikan warga masyarakat setempat.

Sementara itu saat pertunjukan berlangsung ratusan warga sangat antusis menyimak informasi yang disampaikan dan sebagian membuat dokumentasi menggunakan telepon genggam untuk dipublikasikan melalui sosial media.

“Sajian pertunjukan sangat bagus. Juga disampaikan pembawa acara antara lain imbauan menggunakan sosial media yang baik dan sopan,” kata Zidan, salah seorang pemuda setempat. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pembangunan Jembatan Kradenan-Ngraho Dipercepat
    18 November 2018 Jam 14:29:00

    Proses pembangunan jembatan penghubung antara Kecamatan Kradenan, Kabupaten Blora, Provinsi Jawa...

    Kepala Desa Diminta Lebih Inovatif Memajukan Desa
    14 November 2018 Jam 07:30:00

    Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) menggelar Bursa...

    Bupati Djoko Nugroho Lepas Keberangkatan Atlet Peparprov Jateng 2018
    14 November 2018 Jam 02:51:00

    Bupati Blora Djoko Nugroho melepas keberangkatan 13 orang atlet National Paralympic Committee...