Seputar Blora

Intensif Pantau Harga Kebutuhan Pokok


Petugas gabungan Satgas Pangan dari Disperindag UMKM, Dinas Kesehatan, Polres Blora dan Satpol PP melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar tradisional, swalayan modern memantau harga kebutuhan pokok di pasaran, serta memastikan makanan dan minuman (mamin) yang beredar di pasaran layak dikonsumsi.

“Ini merupakan kegiatan rutin dan selalu kami lakukan pada saat Ramadan dengan intensitas yang lebih tinggi sampai hari raya lebaran. Tidak tergantung pada momen ini saja dilakukan sidak harga smebako. Sidak akan rutin dilakukan per triwulan sekali supaya tidak timbul kekhawatiran adanya barang tak layak konsumsi yang masih tersebar dan bisa membahayakan masyarakat sebagai konsumen,” kata Kapolres Blora, AKBP Saptono.

Biasanya tingkat konsumtif masyarakat pada bulan suci Ramadan biasanya meningkat. Momen tersebut biasanya juga dimanfaatkan oleh pedagang untuk memainkan harga. Tak jarang masyarakat mengeluh ketika harga di pasaran melambung.

“Kita akan mengambil langkah cepat untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga,” tambahnya, Selasa (22/05).
Di pusat perbelanjaan Swalayan Luwes, belum ditemukan kenaikan harga sembako yang cukup signifikan.
Untuk barang-barang yang disinyalir tidak layak konsumsi atau kadaluawarsa, petugas tidak menemukannya saat sidak sebab diteliti masih layak dan masih dalam keadaan bagus meski sesuai dengan perkiraan barang-barang tertentu akan mengalami kenaikan harga.

“Biasanya untuk daging ayam, sapi, telur, minyak goring, beras, dan bumbu-bumbu dapur akan mengalami kenaikan sesuai dengan banyaknya tingkat permintaan. Namun meskipun harga naik, dipastikan tidak akan melonjak tinggi dan stok masih terpenuhi,” jelas AKBP Saptono.

Kapolres Blora berharap tidak ada pengusaha atau distributor menimbun sembako yang bisa merugikan masyarakat. Pihaknya akan terus melakukan sidak secara berkala. Jika ditemukan penimbunan sembako, pihaknya akan melakukan tindakan tegas sesuai prosedur.

Untuk menjaga stabilitas harga sembako, pihaknya akan melakukan kordinasi dengan pihak terkait untuk memantau harga di pasar seluruh Kabupaten Blora.

“Saya sudah perintahkan seluruh Polsek jajaran untuk selalu pantau harga sembako di wilayahnya masing-masing,” tandasnya. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Berusia 74 Tahun, RSUD dr. Soetijono Blora Punya 6 Inovasi Layanan Kesehatan
    25 April 2024 Jam 17:47:00

    Bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya ke-74, Kamis (25/4/2024), RSUD dr. R. Soetijono...

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...