Kunker Pembangunan Bandara di Pemkab Prubalingga


Guna mempercepat persiapan pembangunan Bandara Ngloram pasca penyerahan aset dari Kementerian ESDM kepada Kementerian Perhubungan bulan lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora beserta Tim Percepatan Pembangunan Bandara Ngloram melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah.

Kunker dipimpin Sekda Drs. Bondan Sukarno MM diterima oleh Sekda Purbalingga, Wahyu Kontardi beserta jajarannya di Operation Room, Graha Adiguna, Pemkab Purbalingga, Selasa (5/5).

Rombongan kunker terdiri Asisten Pemerintahan Setyo Edy SH, M.Hum, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Slamet Pamudji SH, M.Hum, Kepala Dinrumkimhub Ir. Samsul Arief, perwakilan Bappeda, DPUPR, BPPKAD, DPMPTSP dan OPD terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Sekda Drs Bondan Sukarno MM mengatakan maksud kedatangannya untuk mempelajari persiapan apa saja yang harus dilakukan Pemkab Blora menyongsong pembangunan Bandara Ngloram.

Hal itu disebabkan Kabupaten Purbalingga telah berhasil mempersiapkan pembangunan Lapangan Udara Wirasaba menjadi Bandara Jendral Besar Sudirman yang ground breakingnya telah dilakukan Presiden bulan lalu.

“Pemkab Blora beserta tim ingin mengetahui lebih jauh terkait kesiapan dan persiapan yang dilakukan oleh Pemkab Purbalingga dalam pembangunan Bandara JB Soedirman. Intinya kami ingin mengetahui secara keseluruhan tahapan persiapan Kabupaten Purbalingga yang berhasil mengembangkan Lapangan Udara (Lanud) menjadi Bandara JB Soedirman,” kata Drs. Bondan Sukarno, MM.

Menurutnya, di Kabupaten Blora terdapat Lapangan Terbang (Lapter) Eks Pertamina yang saat ini asetnya sudah diserahkan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia (RI) ke Kementerian Perhubungan RI. Sehingga, lanjutnya harapan Pemkab Blora dan masyarakat, Lapter tersebut dapat direaktivasi menjadi Bandara Komersial.

“Ini merupakan keinginan besar kami (Pemkab Blora, Red) dan juga masyarakat Blora dan sekitarnya untuk memiliki Bandara umum apalagi di wilayah kami sudah ada asetnya tinggal dioperasikan kembali saja,” jelasnya.

Pemkab Blora sudah sejak 2010 mencoba untuk merealisasikan Lapter Eks Pertamina menjadi Bandara Komersial kepada pemerintah pusat. Hanya saja, ia menambahkan kendala pada saat itu terkait masalah Lapter yang masih menjadi aset milik Kementerian ESDM RI.

“Sehingga pada saat itu Pemkab, Pemprov dan Kementerian Perhubungan tidak bisa berbuat apapun,” ungkap Bondan.

Ia menyampaikan sejak Kementerian ESDM RI dipimpin oleh Ignasius Jonan yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Perhubungan RI telah mengupayakan Pemkab Blora dan Pemprov Jawa Tengah untuk menghidupkan kembali lapangan terbang tersebut. Menteri ESDM juga telah menyerahkan aset lapangan terbang eks Pertamina pada Kementerian Perhubungan untuk mengelola lapter tersebut.

“Dan sesuai formasi, tahun ini akan ada upaya untuk revitalisasi terkait lapter menjadi bandara, untuk itu kami ingin belajar dari Pemkab Purbalingga yang sudah berhasil melakukan Groundbreaking Bandara JB Soedirman,” ujarnya.

Tim Percepapatan Pembangunan Bandara Ngloram, Bondan melanjutkan ingin menggali upaya Pemkab Purbalingga terkait pembebasan lahan, kesiapan infrastruktur menuju ke Bandara dan dukungan lainnya saat pembangunan Bandara JB Soedirman. Pemkab Blora juga ingin mengetahui kondisi fisik Bandara JB Soedirman yang tengah dibangun konstruksinya.

“Sehingga nanti kami bisa mempunyai gambaran bagaimana ke depan pembangunan Bandara Ngloram,” tutur Bondan.

Mendengar pemaparan Sekda Blora, Sekda Purbalingga Wahyu Kontardi beserta jajarannya mengungkapkan terima kasih kepada Pemkab Blora atas kunjungannya yang ingin mengetahui tahapan pembangunan Bandara JB Soedirman.

“Terima kasih atas dipilihnya Kabupaten Purbalingga ini sebagai fokus kunjungan kerja Pemkab Blora, semoga ada yang dapat digali terkait pembangunan Bandara,” kata Wahyu Kontardi.

Wahyu Kontardi, menjelaskan terkait kiat-kiat Pemkab Purbalingga saat melakukan audiensi dengan pemerintah pusat bahkan kepada Presiden RI terkait pembangunan Bandara JB Soedirman. Juga memberikan informasi terkait kehadiran Presiden RI di Purbalingga yang telah meresmikan pembangunan Bandara JB Soedirman.

Pihaknya berharap Ngloram yang ada di Kabupaten Blora bisa segera menjadi Bandara, menyusul Bandara Jendral Besar Sudirman Purbalingga yang saat ini mulai dibangun. (Dinkominfo Kab. Blora)

    Berita Terbaru

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...

    RAPAT PARIPURNA PENYAMPAIAN LKPJ BUPATI BLORA AKHIR TAHUN ANGGARAN 2023
    28 Maret 2024 Jam 16:31:00

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blora, Jawa Tenggah menggelar rapat paripurna...