Berita Terkini

DPK Deklarasi Gerakan Blora Membaca


Dinas Pespustakaan dan Kearsipan (DPK) Kabupaten Blora mendeklarasikan Gerakan Blora Membaca (GBM) pada momentum Car Free Day. Deklarasi dipimpin Kepala DPK Blora drh. H.R Gundela Wejasena, MP di depan gedung Sasana Bhakti Blora, Minggu (13/5/2018).

Bupati Blora Djoko Nugroho didampingi Sekda Blora Drs. Bondan Sukarno, MM serta Forkopimda Blora hadir menyaksikan dan memberi dukungan dihelatnya acara tersebut.

Kepala DPK Blora Gundala Wejasena, dalam sambutannya mengemukakan bahwa Kabupaten Blora sudah mulai kuncara.

“Kuncara ini tidak akan terjadi apabila pengetahuan kita semua kurang. Oleh sebab itu budaya membaca harus kita kembangkan kepada generasi muda kita, barangkali hasilnya tidak bisa instan mungkin beberapa tahun lagi,” ucap Kepala DPK Blora Gundala Wejasena.

Akan tetapi, kata Gundala Wejasena, anak-anak suatu saat akan menjadi pengganti yang akan menjadikan kabupaten Blora semakin kuncara.

Lebih lanjut dikatakan, GBM akan terus berlangsung dibumikan dengan menggandeng sejumlah pihak, seperti organisasi wanita, pemerintah desa dan kelurahan.

“Kodim dan Polres Blora juga mendukung Gerakan Blora Membaca,” tandasnya.

Di tempat yang sama Bupai Blora Djoko Nugroho menyampaikan bahwa diselenggarakannya Gerakan Blora Membaca tentu disertai upaya-upaya khusus.

“Namanya ini gerakan, jadi disertai upaya-upaya khusus. Upaya khusus ini harus bisa menggelorakan agar seluruh warga masyarakat Bora agar gemar membaca. Baik dari Pemkab, orang tua, dan anak-anak agar gemar membaca. Sebab buku adalah gudangnya ilmu,” kata Bupati Djoko Nugroho.

Setiap akan tidur, orang tua diminta membaca cerita-cerita pendek kepada anak-anak, sehingga itu menjadi kebiasaan.

“Oleh karena itu agar orang tua di rumah harus menyediakan buku bacaan dan gemar membaca,” tandasnya.

Pada kesempatan itu mendapat support perwakilan pegiat lembaga swadaya masyarakat dari negara Belgia dan Jepang.

Adapun isi deklarasi gerakan Blora Membaca yang diikuti ratusan siswa dan warga pada acara Car Free Day yakni masyarakat Blora mendukung gerakan Blora membaca, bersedia membiasakan membaca buku setiap 15 menit setiap hari dan bersedia membudayakan kebiasaan membaca buku di keluarga.

Sementara itu sejumlah mobil layanan DPK Blora siaga melayani dan menyediakan buku-buku bacaan. Peserta deklarasi antusias memilih dan membaca buku. Acara juga diselingi kuiz dan hadiah menarik bagi peserta deklarasi yang bisa menjawab petanyaan dengan benar.  (Dinkominfo Kab. Blora). 


    Berita Terbaru

    Jurnalis Diajak Bersinergi Jaga Situasi Kamtibmas Agar Tetap Aman dan Kondusif di Blora
    29 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Wakapolres Blora Kompol Riwayat Sosiyanto, SH, M. Si, mengajak jurnalis bersinergi untuk menjaga...

    Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib
    29 Maret 2024 Jam 10:04:00

    Umat Katolik Blora mengikuti visualisasi Jalan Salib yang digelar di Gereja Paroki Santo Pius X...

    Bupati Arief Minta Pemprov Jateng Tuntaskan Jalan Provinsi di Blora
    28 Maret 2024 Jam 19:39:00

    Bupati Blora, Arief Rohman, S.IP., M.Si minta Pemprov Jateng untuk tuntaskan pembangunan jalan...