Seni dan Budaya

Ajarkan Anak Disipilin dan Kreatif Melalui Pelatihan Seni Tari


Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Sanggar Tari Merpati Blora menggelar pentas seni tari di Taman Mustika Blora, Minggu (6/5). Pementasan tari diselenggarakan dalam rangka penerimaan raport para siswa yang tergabung di LKP yang berpusat di Desa Tambaksari, Kecamatan Blora.

Pimpinan LKP Sanggar Merpati Blora Umi Ardiyah, SPd mengungkapkan pembinaan seni tari dan penerimaan raport dilaksanakan sudah dua tahun berjalan.

“Kami buka tiga kelas, yakni kelas dasar, kelas terampil dan kelas mahir. Saat ini kami sudah buka cabang di wilayah kecamatan Jepon, meski baru setahun berjalan namun cukup mendapat respon dari warga masyarakat . Tujuannya untuk membangkitkan rasa cinta dan suka menari bagi anak-anak. Khususnya tari tradisional Blora,” ujarnya.

Melalui seni tari, kata dia, bisa melatih kedisiplinan dan kesabaran serta kreativitas bagi anak-anak.

“Dan yang tidak kalah penting adalah upaya pelestarian seni tradisi. Satukan aksi, ekspresikan diri melalui seni budaya tari, ” kata dia.

Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kab. Blora Supriyadi dalam sambutannya mengapresiasi geliat dan upaya yang telah ditempuh oleh LKP Sanggar Merpati Blor adalam upaya pelestarian seni tradisi melalui seni tari di Kabupaten Blora.

“Seni tari menurut hemat kami, adalah bagian dari pendidikan keluarga yang harus ditingkatkan agar anak mempunyai kreativitas dan prestasi. Semoga kegiatan dari LKP Sanggar Merpati ini tiap tahun terus menngkat dan berjalan terus,” ujarnya.

Ia menyebut, tari kalau tidak dijiwai mungkin kurang enak dilihat.

“Jadi melalui pelatihan khusus seperti di Sanggar Merpati ini, kami nilai sangat baik,” imbuhnya.

Adapun yang menampilkan tari pada acara tersbut sebanyak 73 anak, terdiri siswa Kelompok Bermain/PAUDm SD, SMP, SMA/SMK yang tergabung di LKP Sanggar Tari Tambaksari dan Jepon.

Beberapa tari yang ditampilkan diantaranya tari kuthuk (anak ayam), tari Apuse, tari Pendet, tari Denok Deblong dan tari lilin. Ratusan warga dan orang tua siswa antusias menyaksikan penampilan dan pementasan tari yang di helat. (Dinkominfo Kab. Blora).

    Berita Terbaru

    Pengamanan Titik Rawan Jalur Syawalan Diperketat
    21 Juni 2018 Jam 04:32:00

    Polres Blora, Polda Jateng, menyiapkan anggota untuk pengamanan jalur Syawalan sepanjang...

    Jelang Lebaran Ketupat 2018 Warga Berburu Janur Kelapa
    19 Juni 2018 Jam 05:23:00

    Menjelang Lebaran Ketupat di Blora, Jawa Tengah, kebanyakan warga setempat mulai berburu janur...

    Pengecekan Kendaraan Angkutan Arus Balik Lebaran dan Pos Pelayanan Keamanan
    19 Juni 2018 Jam 05:11:00

    Petugas gabungan Sat Lantas Polres Blora dan Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan...