Berita Terkini

DPKP Blora Tanam Bibit Pohon dan Buah di Kawasan Embung Plered


Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Blora melaksanakan penghijauan dengan menanam bibit pohon dan buah unggulan di sekitar kawasan embung Plered desa Purworejo, Kec. Blora, Jumat (13/4/2018).

Penanaman itu dihadiri langsung oleh Bupati Blora, Djoko Nugroho beserta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait lainnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus menyampaikan bahwa jumlah bibit pohon buah-buahan yang ditanam dan dibagikan kepada masyarakat total ada 175 batang pohon.

“Jeruk pamelo 25 batang pohon, Kelengkeng Kateki sebanyak 50 batang pohon, lalu Alpukat Kendil sebanyak 50 batang pohon dan Jambu Kristal sebanyak 50 batang pohon. Semuanya ditanam dan dibagikan kepada masyarakat sekitar Embung Plered yang tergabung dalam kelompok tani,” ucap Ibu Ir. Reni Miharti M.Agr.Bus.

Selain itu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan juga menyerahkan bantuan berupa sarana produksi pertanian (saprotan) dan alat mesin pertanian (alsintan) untuk menunjang peningkatan produktifitas pertanian di Desa Purworejo.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Djoko Nugroho berupa cultivator 1 unit, mulsa plastik hitam 30 rol, plastik UV 1 rol, power sprayer 3 unit dan pompa air 2 unit.

“Saya ingin Desa Purworejo kesejahteraannya meningkat. Tolong saya dibantu dengan cara merawat tanaman buah yang sudah ditanam dengan baik. Ikan yang sudah ditebar juga jangan dijaring atau diracun, biar besar dulu nanti baru boleh dipancing. Kalau embung ini nanti bisa berkembang baik dengan perikanan dan buah-buahan, maka kedepan bisa menjadi tujuan wisata. Akhirnya perekonomian desa akan meningkat.,” jelas Bupati Djoko Nugroho di hadapan seluruh warga Desa Purworejo yang mengikuti penanaman pohon buah-buahan.

Agar akses menuju Embung Plered semakin lancar, ke depan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang akan memperbaiki ruas jalan dari Desa Andongrejo menuju Purworejo hingga Embung Plered.

“Saya ingin keberadaan embung yang dibangun taun 2017 ini tidak hanya dimanfaatkan untuk irigasi pertanian. Namun juga untuk perikanan, perkebunan dan wisata. Saya yakin nanti kalau sudah tertata, akan ada warung-warung didirikan. Disinilah akan tumbuh ekonomi desa,” tandasnya.

Di tempat yang sama Kepala Desa Purworejo, Harun mengucapkan terimakasih kepada Bupati Blora dan seluruh OPD yang sudah memberikan perhatian yang begitu besar untuk memajukan desanya. Ia berjanji akan mengelola embung dengan baik.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Bapak Ir. Samgautama Karnajaya, MT; Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Bapak Drs. Kunto Aji; serta Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Blora, Bapak Hariyanto, SIP, M.Si (Dinkominfo Kab. Blora/Tim).

    Berita Terbaru

    Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar PGP, Bupati Blora Minta Guru Semakin Kreatif dan Inovatif
    24 April 2024 Jam 00:58:00

    Bupati Blora H. Arief Rohman secara resmi membuka Lokakarya 7 Panen Hasil Belajar, Program...

    PENGUMUMAN PENGADAAN CALON DEWAN PENGAWAS PERUMDA AIR MINUM TIRTA AMERTA KABUPATEN BLORA
    23 April 2024 Jam 10:55:00

    Perumda Air Minum Tirta Amerta Kabupaten Blora membuka kesempatan bagi ASN untuk mengisi...

    Kolaborasi, BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran Sungai di Desa Panolan, Gadon dan Kelurahan Ngelo
    22 April 2024 Jam 18:35:00

    Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo...