Seputar Blora

Mancing Ikan Khusus Peserta Perempuan Sukses Digelar di Embung Rowo Blora


Embung Rowo Kelurahan Karangjati, Kecamatan Blora dipadati ribuan warga yang didominasi perempuan, Sabtu (14/4/2018) pagi. Raut wajah semangat mendorongnya mengais harapan. Mereka membawa kail dan umpan untuk mengikuti mancing massal khusus perempuan di embung yang digagas sebagai salah satu destinasi wisata di wilayah setempat.

Selain berbekal kail, umpan dan mata pancing, para peremepuan itu disarankan panitia membawa perlengkapan lain seperti topi, payung dan kaca mata.

Lantas, mereka duduk berjajar mengitari tepi embung sambil mempersiapkan peralatannya.

Tak berselang lama, panitia memberi tanda dengan hitungan mundur sebagai tanda dimulainya mancing bersama.

Pratikto Nugroho, salah satu dari panitia mengimbau dari atas panggung hiburan agar peserta bisa mematuhi tata tertib yang telah disepakati. Di antaranya, peserta harus perempuan.

“Namun bagi bapak-bapak yang mendampingi boleh memasangkan umpan atau menangkap dan melepas hasil tangkapan ikan dari mata kail,” ujar Pratikto Nugroho yang juga Sekretaris Dinporabudpar Kab. Blora.

Setelah beberapa menit dari tanda dimulai mancing ikan, sejumlah peserta sudah mendapatkan hasil. Bahkan, beberapa diantaranya mendapatkan doorprize dari panitia sebagai pemancing ikan tercepat.Salah satu diantara peserta mendapatkan hasil pancingan ikan patin seberat 1 kilogram.

Doorprize diserahkan kepada peserta oleh Prayogo Nugroho, salah satu putra Bupati Blora Djoko Nugroho.

“Selamat ya Bu. Silahkan nanti ikannya dimasak,” ujar Prayogo.

Sementara ribuan peserta lainnya masih sibuk dengan aktivitasnya. Bagi yang mendapat, ikan hasil pancingannya dikumpulkan kemudian dibawa pulang atau dibagi bersama kelompoknya.

“Mancing bersama ini mengasyikkan. Untuk hiburan dan mengisi hari libur,” ucap Elly, salah sorang peserta.

Pada kesempatan itu, Bupati Blora Djoko Nugroho didampingi Forkopimda dan beberapa pimpan OPD Blora hadir memantau dan menyapa sejumlah peserta yang ikut mancing bersama.

Seperti diinformasikan sebelumnya, panitia peringatan Hari Kartini tingkat Kabupaten Blora bekerjasama dengan Dinas Peternakan dan Perikanan setempat menggelar acara mancing massal dan gratis khusus untuk perempuan.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakikan) Blora Ir. Wahyu Agustini M.Si mengatakan bahwa mancing ikan massal ini diselenggarakan agar warga masyarakat gemar makan ikan.

“Melalui acara ini, diharapkan warga masyarakat suka pada ikan untuk kemudian dimasak,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini ke 139 tingkat Kabupaten Blora, Mas'amah S.Sos, M.Si. Bahwa tujuan penyelenggaraan kegiatan mancing khusus perempuan ini selain memperingati Hari Kartini, juga untuk mengkapanyekan gerakan gemar makan ikan.

Sementara itu, pengamanan dari petugas Polisi, Satpol PP dan BPBD Blora diperketat di sekitar lokasi dan di dalam embung Rowo. Sejumlah perahu penolong disiagakan oleh petugas untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. (Dinkominfo Kab. Blora)


    Berita Terbaru

    Kalaksa BPBD Blora : Pos Komando Tanggap Darurat Bencana 2024 Dilaksanakan Lintas Sektoral
    15 April 2024 Jam 13:43:00

    Pemerintah Kabupaten Blora mendirikan pos komando tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor...

    Jelang Lebaran Ketupat 2024, Penjual Janur Kelapa Bermunculan di Pasar Tradisional
    12 April 2024 Jam 12:24:00

    Penjual janur kelapa mulai bermunculan di pasar tradisional Blora, Jawa Tengah menjelang Lebaran...

    Aman dan Lancar, Pengamanan Idulftri 1445 H dan Arus Mudik Polres Blora Diapresiasi Bupati
    11 April 2024 Jam 09:49:00

    Bupati Blora Dr. (Chand) H. Arief Rohman, SIP, M. Si menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan...